Sunday, July 29, 2018

Tak Kokoh, Bendungan Irigasi Terpanjang di Mura Jebol




MUSI RAWAS, SM- Aliran bendungan irigasi terpanjang di Kecamatan Selangit Kabupaten Musi Rawas (Mura) provinsi Sumatera Selatan (Sum-Sel)  yang melintasi beberapa Desa dan Kecamatan.

Beddasarkan informasi yang di himpun awak media hari ini jum'at bendungan irigasi yang mengalir ke Dusun Talang Jaya Babat Desa Babat Kecamatan Suku Tengah Lakitan (Stl)  Ulu Terawas mengalami kejebolan hingga ambruk.

Di duga bendungan irigasi yang di bangun oleh Pemerintah Provinsi Sumsel dan Pemerintah Daerah Kabupaten Mura melalalui Dinas instansi terkait tahun 2015 lalu kurang koko .

Menurut keterangan warga masyarakat Dusun Talang Jaya Babat Desa Babat Endar ( 27/7) memang benar kalau bangunan bendungan irigasi yang di aliri dari Kecamatan Selangit, sudah mengalami kerusakan.

" Sebab bendungan irigasi yang mengalir ke Dusun Talang Jaya Babat Desa Babat Kecamatan Stl, Ulu Terawas sebagian bangunan sudah jebol dan ambruk,"Kata Endar.

Jebol dan ambruknya bangunan irigasi bendungan Selangit tersebut tepat sekali di pintuh aliran ke sungai nare .

Kurang lebih satu bulan yang lalu bangunan sisi kiri bendungan irigasi mengalami kejebolan hingga ambruk.

" Na karena bangunan irigasi jebol maka untuk aliran irigasi tidak mengalir ke Desa-Desa lain, hanya mengalir ke sungai nare saja, "tandas Endar.

Begitu jugadi ucapkan warga setempat Surya (34) untuk saat ini aliran irigasi bendungan Selangit
tidak berfungsi lagi, dan mengalir seperti biasa.

Sebab sudah hampir satu bulan terakhir ini kondisi bangunan irigasi mengalami kerusakan yang cukup para.

Soalnya sebagian bangunan di pintuh aliran ke sungai nare jebol hingga ambruk.

" Maka dari itu aliran bendungan irigasi tidak mengalir ke Desa -Desa lain di hilirnya,hanya terjun ke sungai nare saja," Ucap Surya.(zul)
Share:

Postingan Populer