Jumat, 31 Agustus 2018

Berlangsung selama 3 Hari, Kesra Muratara Sukses Gelar Lomba Dai Tingkat Anak dan Remaja

Editor : Andy Afriansyah


MSM.COM-Bupati Musi Rawas Utara HM. Syarif Hidayat melalui Asisten I Tarmizi menutup secara resmi lomba Da'i anak anak dan remaja tingkat kabupaten yang di pusatkan pondok pesantren (ponpes) Almathiriyah Lawang Agung Kecamatan Rupit.

Lomba yang digelar guna melahirkan da'i-dai handal, dilaksanakan selama 3 hari oleh Pemkab melalui Kesra Kabupaten Muratara. Lomba dai yang diikuti anak-anak dan remaja putra dan putri berlangsung sukses.

Keluar sebagai juara untuk tingkat anak-anak putri yaitu Husnul Amelia dengan nomor peserta 40 utusan kecamatan Nibung sebagai juara terbaik I dengan total nilai 385. Menyusul terbaik II Sel Sabila dari Rawas Ilir, nomor peserta 38, total nilai 379. Terbaik III atas nama Lara Ramadhani, nilai 375, nomor peserta 41 dari Rawas Ulu, dan juara Harapan dengan nilai 375, nomor peserta 33 atas nama Eta Rina dari Rawas Ulu.

Tingkat anak-anak putra Terbaik I Doni Apriansyah utusan Nibung, nomor peserta 37 dengan nilai 388. Terbaik II Pezi Zuhainata, nomor peserta 42 dari Rawas Ulu dengan nilai 386. Terbaik III total nilai 383 nomor peserta 39 diraih Khoirul Farkhan juga dari Nibung, dan juara Harapan atas nama Khoirul Akmal nomor peserta 24 dengan nilai 381 daru kecamatan Rupit.

Untuk tingkat remaja putra, Terbaik I dan II diraih utusan Kecamatan Rawas Ulu yaitu Uzar Bakri Umar, nomor peserta 26, nilai 388 sebagai Terbaik I dan Toriq Amrullah, nilai 386 nomor peserta 6. Terbaik III Evin Fadli, nilai 378 dari Karang Jaya dengan nomor peserta 41, dan juara Harapan dirauh Rino juga dari Karang Jaya dengan nilai terpaut 2 angka yakni 376 nomor peserta 10.

Sementara untuk kategori tingkat remaja putri keluar sebagai Terbaik I hingga III diraih utusan dari kecamatan Rawas Ulu masing-masing Terbaik I Eka Susanti, nomor peserta 37, nilai 392. Terbaik II Toiba Oktaria nomor peserta 20, nilai 387.Terbaik III Nuraman Amanda, nomor peserta 15 dengan nilai 385. Juara Harapan berhasil diraih Indah Kusuma nomor peserta 36 nilai 381 utusan dari Karang Jaya.

Dalam sambutannya, Asisten I Tarmizi mengajak seluruh lapisan masyarakat di Bumi Beselang Serundingan untuk bahu membahu membangun kabupaten Muratara agar dapat sejajar dengan kabupaten lain yang ada di propinsi Sumatera Selatan maupun diluar propinsi.


"Melalui kegiatan lomba da'i ini, kita jadikan momentum syiar agama terutama agama Islam agar selalu dapat memberikan penyejuk dan pelindung bagi anak anak kita kedepan  supaya siap  dalam menghadapi era globalisasi dan teknologi yang semangkin canggih sebagai mana yang kita ketahui dewasa ini" kata Tarmizi.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan langkah awal agar selalu memberikan gambaran kepada anak anak kita untuk selalu belajar mengingat  tantangan kedepan bagi generasi penerus untuk dapat menyiapkan diri mereka. Memperbanyak kegiatan kegiatan yang bernuansa Islam sebagai landasan agar  mereka tidak terjerumus dengan hal hal yang tidak diinginkan. Seperti halnya yang telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten Musi Rawas Utara yang sangat concern dalam hal kegiatan kegiatan agama seperti lomba da'i tingkat anak-anak dan remaja ini.

 "Kegiatan semacam ini tidak sampai disini saja. Pemkab Muratara telah memberikan kesempatan kepada anak anak Muratara untuk dapat belajar  agama di pondok pondok pesantren  baik yang ada di pulau jawa maupun di pulau sumatera. Seperti di ponpes Ponorogo, ponpes Demak, ponpes Darussalam Jombang, ponpes Al Amin Madura dan ponpes Tawalib Padang. Ini bukti keseriusan pemerintah kabupaten Muratara dalam hal pembinaan kepada anak anak kita, agar kedepan pilar pilar utama yang sekarang menempuh pendidikan dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat khususnya Muratara" papar Tarmizi.

Ia juga berpesan kepada peserta melalui kegiatan ini untuk dijadikan momentum yang baik agar nanti kabupaten Muratara menjadi kabupaten yang  memiliki penceramah yang handal dan dapat membawa Muratara yang lebih baik

"Kepada peserta lomba dai anak anak dan remaja yang belum mendapat juara, bukanlah akhir dari segalanya karena kegagalan adakah awal dari suatu keberhasilan. Kepada seluruh dewan juri saya berikan apresiasi yang telah memberikan nilai secara obyektif dan bersusah payah mensukseskan acara ini" kata Tarmizi.

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan Muzamil menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu kesuksesan acara. Begitu juga kepada para camat se kabupaten Muratara yang turut berpartisipasi.

"Acara ini perdana diadakan. Alhamdulillah antusias peserta sangat tinggi. Mungkin kedepannya akan diadajan setiap tahun. Bagi yang juara terbaik I, II dan III diberikan piagam, tropy dan uang pembinaan. Selain itu, dewan hakim dan camat juga diberikan penghargaan" papar Muzamil.

Selain Asisten I, turut hadir camat Ulu Rawas Muhtaridi, Camat Rawas Ulu Ir. Hasyim camat Karang Dapo, OPD dan para peserta tamu undangan lainnya. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog