Friday, August 10, 2018

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Muratara

Editor : Andy Afriansyah




MURATARA,  SM Online - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kamis (9/8). Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia digelar dikawasan Danau Rayo, Desa Sungai Jernih Kecamatan Rupit yang dihadiri oleh Bupati Muratara HM Syarif Hidayat.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia sekaligus pembukaan secara resmi Festival Danau Rayo juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda), Abdullah Makcik, anggota DPR RI Fauzi H Amro, para kepala OPD, Danramil, Polsek dan para tamu undangan lainnya.

HM. Syarif Hidayat dalam sambutannya yang membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengatakan, sejalan dengan tema yakni Kendalikan Sampah Plastik sebagai Perwujudan Komitmen Bersama Semua pihak dan Upaya Mengatasi Bahaya Sampah Plastik di berbagai belahan dunia dan Indonesia.

Maka, hal itu menjadi motivasi kita untuk bekerja sekuat tenaga dalam mengatasi dan mengurangi sampah secara sistematis, dengan cara mengolah dan mendaur ulang sampah dalam mengatasi permasalahan sampah yang kian memprihatinkan.

"Saat ini komposisi sampah plastik sekitar 16 persen dari total timbunan sampah secara nasional. Sedangkan sampah plastik, terutama dikota kota besar seperti Jakarta sekitar 17 persen" jelas Bupati.

"Komposisi sampah plastik menunjukkan trend peningkatan dalam 10 tahun terakhir.  Dari 11 persen ditahun 2015, meningkat menjadi 15 persen ditahun yang sama. Sampah plastik berasal kemasan makanan, minuman dan kantong belanja serta pembungkus lainnya" papar Bupati

Dari total timbunan sampah plastik yang telah didaur ulang, 10 persen sampah sudah dimanfaatkan. 60 sampai 70 persen di timbun di TPA,  sedangkan 15 -30 persen belum dikelola dan dibuang dilingkungan seperti di danau, sungai, daratan dan pantai.

"Saya meminta tekad bersama untuk menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempat nya mengurangi penguna sampah plastik melakukan pemilihan smpah untuk diolah menjadi bahan yang produktip  keperdulian lingkungan dengan upaya membuang sampah dan limbah patut ditingkatkan Guna menjaga alam yang terjaga akan memberikan fungsinya kepada manusia mulai dari pungsi pembawa media  impormasi dan kemudian itu untuk kesejahtraan kita semua" papar Bupati.

HM Syarif menegaskan,  pada  peringatan hari lingkungan hidup sedunia tingkat kabupaten Muratara diri menghimbau kepada masarakat untuk tetap  menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempat nya kurangi mengunakan plastik

"Kemudian hari ini kita juga menyaksikan pembukaan pestipal danau raya pertama kali diadakan dibumi beselang serundingan ini dalam rangka HUT Muratara yang ke lima dan HUT RI ke-73, semoga menjadi hiburan yang bermanfaat" kata Bupati

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muratara,  H. Alfirmansyah dalam sambutannya mengatakan, tujuan diadakan peringatan hari lingkungan hidup sedunia di danau rayo ini supaya mengedepankan wisata danau rayo ini untuk di tingkat nasional maupun tingkat internasional. ( MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive