Rabu, 14 November 2018

Dinas Pertanian dan Perikanan Sukses Gelar Lomba Gemarikan




MUARA RUPIT MSM.COM - Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Musi Rawas Utara sukses menggelar lomba Gemar Makan Ikan (Gemarikan). Acara yang mengusung tema "Ragam Menu Masakan Ikan untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat" berlangsung di RM Sederhana Kecamatan Rupit, Rabu (14/11).

Selain Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat hadir pula dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Ny. Lia Mustika Syarif, Sekda Muratara H Abdullah Makcik, Kepala Dinas Pertanian Ir Suhardiman, Kabag Humas Nawawi Yusuf, Ketua DPRD Efriansyah.



Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa gerakan memasyarakatkan untuk mengonsumsi ikan perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Baik secara individu maupun kolektif dengan tujuan untuk membangun kesadaran gemar mengonsumsi ikan.

Gemar mengonsumsi ikan, sambung orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan, sangat bermanfaat bagi  kesehatan. Sebab kandungan protein ikan lebih awet dan tidak mudah rusak. Selain itu juga, ikan mengandung omega tiga yang sangat baik untuk peningkatan gizi.




Ditambahkan Bupati, Indonesia menargetkan konsumsi ikan pada tahun 2019 sebesar 54 kg perkapita. Sedangkan konsumsi ikan di masyarakat Kabupaten Muratara pada tahun 2017, berdasarkan Susnan, baru berkisar 38 kg perkapita pertahun.

"Peningkatan konsumsi ikan dapat diupayakan, salah satunya dengan melakukan pendekatan kepada ibu - ibu rumah tangga. Sebab, ibu rumah tangga memegang peran penting dalam memilih dan mengolah bahan makanan yang akan disajikan untuk santapan keluarga" jelas HM Syarif Hidayat.

Bupati menjelaskan, kegiatan lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten  Muratara merupakan agenda tahunan Dinas Pertanian dan Perikanan bekerjasama dengan TP PKK yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan hingga ke tingkat provinsi.
Bupati berharap, melalui kegiatan ini peserta dapat memberikan variasi olahan ikan yang lebih beragam kepada masyarakat. "Sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan sebagai menu keluarga sehari - hari" kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Ir Suhardiman melalui Kabid Perikanan Hj. Rita Yanti SP menyampaikan, tujuan utama digelarnya lomba, untuk mensosialisasikan gemar mengkonsumsi ikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat di Bumi Beselang Serundingan. (MJ/Hamkam).
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog