Sabtu, 10 November 2018

Peringatan Hari Pahlawan Di Muratara Berlangsung Khidmat, Bupati Lakukan Tabur Bunga


Bupati Muratara HM Syarif Hidayat didampingi kepala Dinas Sosial Zainal Arifin melakukan prosesi tabur bunga


RAWASULU MSM. COM - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara melalui Dinas Sosial sukses menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November. Upacara yang dipusatkan di lapangan Sepak Bola Kelurahan Pasar Surulangun Kecamatan Rawas Ulu, Sabtu (10/11) berlangsung khidmat.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Muratara HM Syarif Hidayat, sedangkan Komandan Upacara Danramil Rawas Ulu Kapten Inf. Khoirudin. Upacara Hari Pahlawan yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB diikuti TNI/Polri serta para pelajar dan guru mulai dari tingkat SD hingga SMA/SMK.


Bupati Muratara HM Syarif Hidayat dan para tamu undangan 



Hadir juga Sekda Muratara H Abdullah Makcik, Ketua DPRD Efriansyah, Kepala Dinsos Zainal Arifin, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Muratara, para kades dan tamu undangan lainnya.

Bupati Muratara HM Syarif Hidayat, yang membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (RI) menyampaikan, tujuan peringatan Hari Pahlawan yang tahun ini mengusung tema Semangat Pahlawan Didadaku, untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta Tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia.


Bupati Muratara HM Syarif Hidayat bersama pejabat usai upacara 



Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

"Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia" kata Bupati.


Pemberian hadiah kepada pemenang lomba dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan


Melalui Peringatan Hari Pahlawan, diharapkan menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan intropeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Dikatakan Bupati, saat ini bangsa Indonesia membutuhkan sosok pemuda generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan. Pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karater lokalyang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.

Pengibaran bendera merah putih 



"Kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial" pungkas Bupati.

Usai melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan, Bupati beserta rombongan menuju ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Tri Satria Bhakti Kelurahan Pasar Surulangun, untuk melakukan upacara pengheningkan cipta dan tabur bunga di pusara para pejuang.(MJ/ADV)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog