Senin, 18 Februari 2019

Tahun Ini Kades Kelola DD Dan ADD Hampir 2 Milyar






MURATARA,MSM.COM- Selain Dana Desa (DD) dari angaran pemerintah pusat, Rp. 800 juta lebih tahun ini Pemerintah Kabupaten Muratara menganggarkan Alokasi Desa Desa  (ADD) sebesar Rp. 65 milyar dibagi ke 82 desa di Muratara.

Artinya hampir Rp. 2 Milyar dana dikelola Oleh setiap Kepala Desa (Kades) di Muratara. Dana tersebut bertujuan Untuk membantu laju Pembangunan infrastruktur dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat di Desa.

Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Muratara, Erwin Syarif menjelaskan dengan dibantunya Dana ADD Pemerintah mengharapkan pengelolaan dana tersebut memiliki azas manfaatnya di masyarakat.

“Jadi setiap Desa Tahun ini mengelola Dana DD maupun ADD mencapai Rp 2 milyar  maka dari itu diharapkan kepada seluruh Pengguna anggaran Dana tersebut dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat banyak," Erwin Syarif baru-baru ini.

Dilanjutkan nya, Semakin besar dana desa, penggunaannya harus tepat sasaran. Ini bukan masalah menghabiskan uang, tetapi tepat sesaran, tepat guna, dan bermanfaat. Oleh sebab itu,Saya minta Kades menggunakan dana desa tepat sasaran sehingga rakyat betul-betul dapat manfaatnya.”jelasnya.


Erwin juga berpesan agar Kades lebih giat melakukan pemberdayaan masyarakat desa dengan menggerakkan ekonomi desa, membuka lapangan kerja, dan mempercepat perputaran uang.


“Kalau mau membangun gunakan juga masyarakat desa. Yang nganggur ataupun yang keluarganya tidak mampu diajak sehingga kemiskinan bisa hilang dari desa,”kata erwin.

Ia menyebut dana desa bukan untuk pembangunan infrastruktur saja. Dana Desa ditegaskannya harus menjadi penting kedepan untuk membangun Sumber Daya Manusia.

“Jadi tolong Dana Desa dan ADD itu untuk dimanfaatkan salah satunya bisa menurunkan angka kemisikinan di Muratara," pungkasnya. (Hamkam)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog