Kamis, 28 Maret 2019

HUT Satpol PP, Damkar dan Satlinmas di Kabupaten Muratara Berlangsung Sukses



MURATARA MSM. COM-Pemkab Muratara menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke-69, Satlinmas ke-57 dan Damkar ke-100 Kamis(28/3). Peringatan HUT yang berlangsung di halaman kantor Bupati, dipimpin langsung oleh Bupati Muratara HM Syarif Hidayat.

Pada kesempatan yang sama, Bupati juga menutup secara resmi seluruh rangkaian kegiatan sosial seperti sunatan massal, donor darah, dan bersih bersih limgkungan yang diadakan sebagai bagian dari rangkaian HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar.



Hadir Sekda Muratara H Zainal Arifin, Kasat Pol PP Firdaus, Kemenag dan OPD lainnya. Hadir pula para camat, Dandim, Kapolres, Kajari Lubuklinggau Hj Zuhairida, Satpol PP kabupaten Empat Lawang, Sarolangun Jambi, Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau.

Dalam pidato Menteri Dalam Negeri RI yang disampaikan oleh Bupati Muratara mengatakan, peringatan HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar selain merupakan forum untuk mengenang masa lalu lebih dari itu untuk meneruskan semangat juang dalam melindungi masarakat serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.



"Melalui peringatan HUT pada hari ini, mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi idiologi Pancasila menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan negara dan bangsa serta mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan" kata Bupati.



Contoh konkret, dalam mewujudkan kepentingan umum oleh Satpol PP, Damkar dan Satlinmas bukan hanya menjaga kota. Tetapi lebih dari itu, berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan dan memberikan perlindungan kepada masarakat dengan tujuan akhir meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk terlibat aktif dalam agenda nasional bangsa Indonesia.



"Peran penting Satpol PP, Damkar dan Linmas tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya. Tugas pemadam kebakaran dalam pengendalian dan penyelamatan keamanan bahan berbahaya, beracun dan melindungi masyakat dari bahaya kebakaran. Serta menyelamatkan kondisi yang membahayakan bagi manusia" papar HM Syarif Hidayat.



Sementara Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Pilkada, menjaga kepentingan umum, ketentraman dan menjaga ketertiban masyarakat. Sedangkan Satlinmas secara khusus dibentuk untuk penanggulangan bencana, memelihara ketertiban dan keamanan pemilu serta membantu ketertiban masyarakat.



Usai upacara, orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan ini juga mengukuhkan Hansip Desa. Jalannya seluruh rangkaian acara HUT Satpol PP, Damkar dan Satlinmas di Kabupaten Muratara tahun 2019 berlangsung sukses.(MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog