Sabtu, 23 Maret 2019

Penilaian Lomba BBGRM dan HKG-PKK ke-47 Desa Batu Gajah Wakili Kabupaten Muratara ke Tingkat Provinsi




MURATARA MSM. COM- Bupati Muratara HM Syarif Hidayat, membuka acara penilaian lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVI dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga HKG-PKK ke 47 tingkat Provinsi Sumatera Selatan, di Desa Batu Gajah Baru, Kamis (21/3).

Kepala Dinas PMD-P3A Hj Gusti Rohmani sekaligus pelaksana acara dalam laporannya menyampaikan tujuan dari diselenggarakannya acara, adalah untuk membangkitkan kesatuan masyarakat dalam menegakkan kembali budaya gotong royong,



"Gotong royong merupakan budaya kita sejak dahulu. Namun budaya tersebut sudah pudar dengan adaanya kemajuan tehnologi. Sekarang kita ingin membangkitkan kembali budaya gotong royong di kabupaten Muratara melalui program jum'at bersih" jelasnya.

Dilanjutkannya, selain menggalakan program Jumat Bersih, pihaknya juga akan memberikan penghargaan kepada desa yang rutin membudayakan gotong royong. Hal itu seperti yang telah diberikan kepada Desa Batu Gajah yang tahun ini mewakili Kabupaten Muratara ke tingkat provinsi.



"Pada tahun ini Kabupaten kita diwakili oleh Desa Batu Gajah Baru. Pemilihan menjadi wakil Kabupaten Muratara berdasarkan banyak penilaian. Diantaranya rutin melaksanakan gotong royong dan Jumat Bersih" jelasnya.

Selain itu, Desa Batu Gajah juga sudah melaksanakan hal lainnya berkaitan dengan gotong royong antara lain pembangunan pagar masjid Nurul Hidayah melalui swadaya masyarakat, jalan menuju ke pemakaman, tanah parkir mushollah Baitul Rahman.

Pembangunan jalan menuju ke sungai, tanah lokasi pembangunan SMPN Maur lokal jauh, tangga ke sungai, tanah pemakamanan yang kesemuanya melalui swadaya masyarakat Desa Batu Gajah.



Bupati Muratara HM Syarif Hidayat dalam sambutannya memberikan ucapan selamat kepada Desa Batu Gajah yang terpilih mewakili Kabupaten Muratara ke tingkat provinsi, seraya berharap Desa Batu Gajah dapat mengharumkan nama Kabupaten Muratara dengan mendapatkan juara ditingkat provinsi.

Orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan ini menilai, kemajuan pesat yang diraih Desa Batu Gajah Baru, tak lepas dari peran penting pemerintah desa dan masyarakat yang kompak dan bersatu.

"Desa Batu Gajah ini sangat bagus. Dijalannya terpasang Asmaul Husna dan pada malam hari lampu jalannya menyala. Itu semua saya amati sendiri saat melintas di desa ini pada malam hari" puji Bupati.

Ketua tim penilai provinsi Fuad Zakasi mengungkapkan kekagumannya pada Desa Batu Gajah Baru, terutama dengan terpasangnya Asmaul Husna disepanjang jalan.

"Kalau di perkotaan sudah ada. Namun, di pedesaan baru desa ini yang memiliki plang asmaul husna di sepanjang jalan desanya. Kami harapkan ini dapat menambah nilai plus dalam penilaian" ucapnya.

Diungkapkannya, ada empat aspek yang akan dicapai dengan membudayakan gotong royong, yaitu aspek kemasyarakatan, bidang ekonomi, sosial budaya dan agama, serta lingkungan.

Selain Bupati Muratara, hadir pula Ketua DPRD Efriansyah, Ketua TP PKK Lia Mustika Syarif beserta anggota, Kepala Dinas PMD-P3A Hj Gusti Rohmani, para Kepala OPD Kabupaten Muratara dan staf, Kepala Kemenag H Iksan Baijuri, Camat dan Kades se Kabupaten Muratara, serta Tim Penilai Provinsi Sumsel yang diketuai Fuad Zarkasi. (MJ).
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog