Kamis, 07 Maret 2019

Tim Penggerak PKK Kabupaten Menyapa #Targetkan kunjungi seluruh desa dan kelurahan diwilayah Kabupaten Muratara



MURATARA MSM. COM- Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Lia Mustika Syarif bersama anggotanya terus kunjungi desa-desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Muratara.


Kunjungan yang telah dimulai ini selain untuk bersilaturahmi dengan menyapa langsung masyarakat khususnya para ibu-ibu TP PKK Kecamatan dan TP PKK desa, serta melakukan sosialisasi akan penyakit stunting atau anak tumbuh kembang anak yang tinggi dan berat badannya tidak sesuai dengan usianya.


Kali ini, Ketua TP. PKK Kabupaten Muratara, bersama anggota, Menyapa langsung masyarakat dan TP PKK Desa Tanjung Raja Kecamatan Rawas Ilir dan Desa Biaro Baru Kecamatan Karang Dapo, sekaligus melakukan penilaian lomba sepuluh program pokok PKK, yang berkaitan dengan tugas dan fungsi (Tupoksi) Kelompok Kerja (Pokja) yang ada di PKK di tingkat desa, Rabu (6/3).



"Alhamdulillah dan terima kasih telah diterima dengan hangat oleh masyarakat baik di Desa Tanjung Raja dan juga Desa Biaro Baru. Kami juga bersyukur ibu-ibu yang hadir antusias mengikuti kegiaan TP PKK Desa, sebab yang ikut mereka pya keinginan, punya waktu dan semangat dalam membina keluarga dan masyarakat agar sejahtera," Tutur Lia Mustika Syarif.


Dalam arahannya, Ketua TP PKK, mengajak para ibu-ibu TP. PKK untuk menjalankan Tupoksi yang ada disetiap Pokja khususnya program yang dihasilkan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) tahun ini, dimana fokus pada penurunan penderita stunting atau penyakit anak yang tumbuh kembangnya tidak sesuai umurnya, misal kerdil atau lumpuh layu.


Untuk itulah, Lia Mustika Syarif mengingatkan agar para Kades dan Ibu Kades selaku Ketua TP PKK  jangan pasif, terus pantau masyarakatnya, jangan sampai ada kasus stunting atau penyakit lain, tapi tidak ditangani lantaran tidak tahu. "Posyandu harus aktif, dan pemberian makanan tambahan baik minum susu maupun makanan tambahan," Pesan dia.



Ditambahkannya, setiap desa juga hendaknya memiliki produk unggulan baik itu makanan maupun karya seni atau kerajinan apalagi kedepan akan ada lomba desa ekspo.


"Terdekat akan ada lomba desa ekspo silahkan tampilkan apa yang jadi hasil produk unggulan baik makanan dan kerajinan, kedepan akan dikembangkan sehingga lebih memiliki nilai jual," himbau dia yang akan terus  turun kedesa-desa dalam melakukan pembinaan sebagaimana target TP. PKK  turun ke seluruh desa


Istri orang nomor satu di Bumi beselang serundingan kembali mengingatkan juga, agar Kades memperhatikan masyarakatnya jangan sampai ada yang masih belum ada KTP dan KK, karena untuk berobat wajib memiliki KTP atau KK.


Sebelumnya, Kades Tanjung Raja, Madian tiga tahun lalu masuk dalam kategori desa tertinggal. Namun sekarang sudah keluar dari label tersebut.


Mudah-mudahan dengan kunjungan Ketua TP. PKK Kabupaten Muratara dapat memberikan motivasi agar desa Tanjung Raja menjadi bangkit.


"Sebagaimana harapan kami desa Tanjung Raja dapat disejajarkan dengan desa-desa lain.  Menjadi desa mandiri," Kata dia.


Camat Rawas Ilir, Heri Martoni mengapersiasi atas kunjugan TP PKK Kabupaten Muratara, Desa ini masih pinggir, Tapi masih ada desa di dalam lagi Batu Kucing, Ketapat Bening,Pauh.


Heri Martoni menjelaskan,
12 Desa dan 1 Kelurahan dan barusan terkena banjir, Namun demikian Heri Mengharapkan Ketua TP PKK mau singgah di kelurahan Bingin Teluk yang barus habis terkena banjir.


"Kami, tetap berharap agar kunjugan di Kecamatan Rawas Ilir dapat berlanjut ke desa-desa lain di kecamatan ini,"pinta dia.


Sementara itu, Camat Karang Dapo, Hermanto memgucapkan terima  atas kunjungan dan arahan Ketua TP. PKK yang turun langsung melakukan penilaian dan pembinaan.


Pada kesempatan itu juga, usai mengunjungi Desa Tanjunga Raja, Ketua TP PKK Kabupaten Muratara, Lia Mustika Syarif bersama rombongan sempatkan diri untuk meninjau Kantor Lurah Bingin Teluk Kecamatan Rawas Ilir yang usai terkena banjir. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog