Jumat, 26 April 2019

Berlangsung Spektakuler, Gubernur Sumsel Buka STQH ke-XXV Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2019



MURATARA MSM.COM - Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru membuka Seleksi Tilawatil Qur'an Hadist (STQH) ke-XXV tingkat provinsi Sumsel tahun 2019 di Lapangan Silampari Kelurahan Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara, Kamis malam (25/4).

Pembukaan STQH ke-XXV Sumsel yang dipusatkan di lapangan Silampari Kelurahan Muara Rupit berlangsung spektakuler. Perhelatan STQH ke-XXV sendiri akan berlangsung selama 7 hari dari 24 hingga 30 April 2019.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Muratara HM Syarif Hidayat, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) provinsi Sumsel HM Alfajri Zabidi, Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Sumsel, Kgs H Nawawi Dencik, Al-Hafizh.



Hadir juga, Kasdam II Sriwijaya, Brigjen TNI Syafrial, Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol Denni Gapril. Serta Ketua LPTQ se Provinsi Sumsel, sejumlah Kepala Daerah di Sumsel, Kepala Kemenag kabupaten/kota se Sumsel, dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Muratara.

Acara pembukaan diawali dengan defile masing-masing kafilah dari 17 kabupaten/kota. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pengibaran Bendera STQH oleh Paskibra Kabupaten Muratara diiringi mars dan hymne MTQ.

Kemudian, laporan panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Bupati Syarif Hidayat, pembacaan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumsel dan pelantikan Dewan Hakim STQH XXV Sumsel oleh Gubernur Herman Deru. Selanjutnya pemukulan bedug oleh Gubernur Sumsel menandai dibukanya secara resmi STQH ke-XXV tingkat provinsi Sumsel tahun 2019.

Dalam laporan perhelatan STQH XXV Sumsel tahun 2019 yang mengusung tema “Melalui Seleksi Tilawatil Qur’an Hadits tahun 2019, kita tingkatkan solidaritas dalam bingkai Islam rahmatan lil alamin menuju Sumsel maju untuk semua.” HM Syarif Hidayat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru dengan ditetapkannya Muratara sebagai tuan rumah STQH ke-XXV provinsi Sumsel tahun 2019.

"STQH tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Yang pertama adanya cabang hafalan hadist dan yang kedua diadakan babak final untuk setiap cabangnya. Peserta dan official berjumlah 510 orang yang berasal dari 17 kabupaten/kota" kata Bupati.
Sementara itu, dalam sambutannya Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, STQH merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat bangsa Indonesia. Setiap penyelenggaraan STQH senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat. Mengingat perhelatan keagaam ini menjadi media dakwah dan syiar agama yang efektif yang telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat.

Selain itu, lantunan kalam Ilahi yang menggema selama pelaksanaan STQH menciptakan suasana religius dan memberikan kesejukan bagi masyarakat. Disamping itu, STQH menjadi forum silaturahmi yang membawa nilai - nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan lintas etnis dan agama.

"STQH senantiasa diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami AlQur'an sebagai pedoman hidup dan petunjuk umat manusia. STQH juga menjadi tolak ukur dinamika aktivitas pembinaan seni baca AlQur'an yang berlangsung di masing - masing kabupaten/kota di Sumsel" kata Gubernur. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog