Minggu, 26 Mei 2019

Gelar Pelatihan Membatik Istri Gubernur Sumsel Berikan Pujian




MURATARA MSM.COM-Kegiatan pelatihan membatik kain jumputan dan batik ecoprint  yang diikuti warga Suku Anak Dalam (SAD) sukses dilaksanakan. Pelatihan membatik khas Muratara yang digelar di pendopoan rumah kediaman Bupati, merupakan prakarsa dari Ketua TP PKK Muratara Ny.Lia Mustika Syarif dan dilatih langsung oleh instruktur dari Galeri Wong Kito Pelambang.

"Alhamdulillah pelatihan membuat jumputan batik ecoprint ini telah selesai dilaksanakan. Sebenarnya sudah lama saya memiliki keinginan dan rencana untuk membuat kegiatan pelatihan ini" kata istri orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan yang akrab disapa Bunda Lia.



Dijelaskannya, baik kain jumputan dan batik ecoprint yang dibuat semuanya menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Begitu juga dengan bahan pewarna, semuanya memanfaatan pewarna alam yang ada di Muratara, mulai dari gambir atau lanap ,getah kayu mahoni ,getah kulit mahoni , getah kulit jengkol,buah keduruk, pinang dan pewarna alami lainnya. Karya membatik ngasanak Muratara berupa kain jumputan yang dibuat pun sesuai dengan motif dan ciri khas Muratara yakni Teratai, Mawar dan Pakis.

Dirinya berharap, dengan pelatihan ini dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat terutama para ibu dalam bentuk UMKM. Selain itu, dengan ikut sertanya warga SAD dalam pelatihan membatik, menunjukkan bahwa mereka bukan lagi suku yang tertinggal melainkan warga dengan kearifan lokal yang bisa berkarya untuk Muratara.



"Terima kasih kepada Bupati Muratara yang telah mendukung penuh semua kegiatan. Bagi masyarakat yang ingin ikut kegiatan pelatihan ini. Dengan senang hati insya Allah saya siap menjadi narasumber dan kita belajar bersama sama" jelasnya.

Sementara itu, istri Gubernur Sumsel Febrita Lustia Deru memberikan apresiasi dan pujian atas terselanggaranya pelatihan tersebut. Dirinya sangat mendukung kegiatan yang diprakarsai oleh Lia Mustika Syarif. Ia berharap, Kabupaten Muratara dapat ikut berpartisipasi dan mengambil bagian pada pameran Dekranasda nanti.



"Muratara merupakan kabupaten termuda di Sumsel. Namun sudah banyak kemajuan dan mampu bersaing dengan kabupaten/kota lainnya. Sayapun kagum dengan istri Bupati Muratara Lia Mustika Syarif yang ikut turun tangan melatih warga SAD" puji istri orang nomor satu di Sumsel ini.(MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog