Jumat, 24 Mei 2019

Hadiri Penandatangan MoU, Bupati Muratara Harapkan Kesejahteraan Rakyat Merata



PALEMBANG MSM.COM-Bupati Muratara HM Syarif Hidayat menghadiri penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Gubernur dan Bupati/Walikota se Sumatera Selatan, dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumsel dan Kepulauan Bangka Belitung, tentang optimalisasi penerimaan pajak pusat dan daerah, dengan Kepala Kantor Wilayah BPN provinsi Sumsel tentang kerjasama bidang pertanahan di Griya Agung Palembang, Kamis (23/5).

Kepala Dirjen Pajak Sumsel dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur dan Bupati/Walikota se Sumsel atas terjalinnya MoU dengan Kementerian Keuangan. Khususnya terkait optimalisasi pemerimaan pajak, baik pusat maupun daerah.

"Sebenarnya MOU ini sudah dilakukan rutin, akan tetapi untuk kali ini ada 9 kabupatwn/kota yang masa berlaku MoU ini telah selesai. Maka hari ini, ada 17 kabupaten/kota se Sumsel yang melakukan MoU dimana selama ini 9 kabupaten/kota yang kami terapkan sudah berlangsung dengan baik. Semoga dengan MoU ini optimalisasi pajak pusat daerah bisa meningkat" terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kanwil Dirjen Pajak Sumsel mengungkapkan, tujuan diadakannya kesepakatan ini guna tercapainya penerimaan pajak dan retribusi yang optimal. Selain itu juga untuk tercapainya kepatuhan wajib pajak dan tercapainya peningkatan pengetahuan dan kemampuan operator dibidang perpajakan yang profesional dalam melaksanakan tugasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil BPN menyampaikan, selain melakukan penandatanganan MoU ada dua hal penting yang perlu diketahui yakni tentang penerimaan BPHTB dan mengenai legalisasi aset.

Ia memaparkan, sampai saat ini untuk kegiatan sertifikasi hak atas tanah di Sumsel menduduki peringkat pertama. Hal itu berkat dorongan dari Gubernur Sumsel dan Bupati /wali kota se Sumsel. "Tahun ini sertifikat yang telah diterbitkan sebanyak 1.726.832  atau baru 36 persen" jelasnya.

Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam sambutannya pada acara yang juga dihadiri pimpinan KPK Saut Situmorang, Pangda II Sriwijaya dan Kapolda Sumsel mengatakan, jika menyimak apa yang disampaikan Kepala Kanwil DJP dan BPN Sumsel. Maka begitu besar manfaat yang diraih ketika ini kita laksanakan atas kesepakatan untuk memperbanyak pendapatan dari sektor  pajak dan juga tertibnya aset kita khususnya pertanahan. Tentu ini semua berangkat dari keinginan bersama .

Gubernur mengibaratkan, ketika akan meningkatkan pelayanan dan pendapatan seperti telur dan ayam. Artinya semua mengklaim harus didahulukan, pembangunan harus didahukan, namun pendapatan juga penting untuk melanjutkan pembangunan. Gubernur juga mengajak, untuk menjaga aset dengan baik dan dikelola oleh orang yang berkompeten.

"Hari ini kita berkomitmen untuk meningkatkan masing - masing bidang. Pajak bisa ditingkatkan tetapi tidak membebani masyarakat secara psikologis. Tinggagaimana cara menyampaikan dan tanah terdata melalui bersertifikatan dan pendataan aset yang benar" kata Gubernur.

Bupati Muratara HM Syarif Hidayat saat diwawancarai usai acara menyampaikan, terkait dengan penandatanganan MoU maka selanjutnya akan dibentuk Dinas Pendapatan di Kabupaten Muratara. Peraturan Daerah (Perda) mengenai pembentukan Dinas Pendapatan sudah dibahas di DPRD Muratara.

"Kalau sudah ada Dinas Pendapatan maka akan lebih efektif. Karena masih banyak sumber - sumber objek pajak yang belum digali. Dan untuk memenuhi kesejahteraan rakyat, pendapatan harus ditingkatkan. Kita mendukung penuh MoU ini untuk kebutuhan nasional dan daerah" kata Bupati.

Dikatakan Bupati, peningkatan pendapatan dari sektor pajak sangat penting. Sebab dengan meningkatnya pendapatan pajak, maka rakyat akan sejahtera. Begitu juga dengan gaji ASN, polisi dan guru juga akan ikut naik. Selanjutnya infrastruktur jalan, kesehatan dan pendidikan juga akan ditingkatkan lebih baik lagi.

"Kita berharap masyarakat bisa sejahtera dan MoU kesepakatan ini akan kita realisasikan dengan maksimal. Sehubungan dengan pembentukan Dinas Pendapatan, kita berharap APBD  Kabupaten Muratara akan meningkat lagi dari sebelumnya" pungkas Bupati. (Hamkam/MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog