Selasa, 09 Juli 2019

Angin Puting Beliung Terjang 2 Desa Satu Kelurahan, Ratusan Rumah Rusak Parah




RAWAS ILIR MSM.COM - Angin puting beliung menerjang dua desa satu kelurahan di Kecamatan Rawas Ilir, Senin (8/7). Angin puting beliung disertai hujan es yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB menimpa Desa Beringin Makmur 1 (BM 1) dan Beringin Makmur 2 (BM2).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, ratusan rumah warga rusak parah. Pohon - pohon pun banyak yang tumbang akibat peristiwa itu. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun MSM.COM, kemunculan angin puting beliung diawali dengan awan hitam yang kemudian disusul dengan hujan es.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Zulkipli melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Kasir Masuli menjelaskan, berdasarkan data yang masuk dari Kasi Kesos Kecamatan Rawas Ilir. Akibat dari peristiwa angin puting beliung mengakibatkan rumah warga di dua desa satu kelurahan mengalami kerusakan parah.

"Data yang masuk sementara ada sekitar 65 rumah yang mengalami kerusakan. Itu belum termasuk dari Desa BM2. Sementara untuk Kelurahan Bingin Teluk belum ada data yang masuk karena masih didata dan ada kemungkinan bertambah" terang Kasir Masuli.

Begitu juga dengan rumah yang mengalami kerusakan ringan, berat dan sedang saat ini sedang didata. Karena banyak rumah yang mengalami kerusakan parah akibat ditimpa pohon besar yang tumbang. Harta benda wargapun banyak yang hancur. 
"Kita harus mendata dulu, baru nanti kita kita ajukan ke Bupati. Memang bencana angin puting beliung ini dulu pernah terjadi. Namun tidak seganas seperti ini" tambahnya.

Camat Rawas Ilir, Heri Martoni melalui Sekcam Syukur membenarkan peristiwa bencana angin puting beliung tersebut. Ia berharap kepada pihak terkait untuk secepatnya memperhatikan masyarakat yang terkena musibah ini. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog