19 August 2019

Pemkab Muratara, Kembali Lakukan Panen Raya



MURATARA MSM.COM - Pemkab Muratara melalui Dinas Pertanian dan Perikanan kembali melakukan panen raya. Panen raya kali ini dilakukan pada lahan seluas 70 Hektar di Desa Bingin Rupit Kecamatan Rupit, Kamis (15/8).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Ir. Suhardiman memberikan mengungkapkan kegembiraannya atas panen raya di Desa Bingin Rupit. Dimana tiga tahun yang lalu, tepatnya 2017 lahan persawahan ini pertama kali dibuka.

Sejak menjabat Kadis Pertan, dirinya langsung diundang oleh masyarakat Bingin Rupit untuk mengecek lahan persawahan ini yang dulunya masih berupa semak belukar.


Dikatakannya, secara umum di Kecamatan Rupit memiliki potensi besar pada sektor pertanian. Lahan persawahan yang ada sekitar 855 hektar. Namun yang baru tergarap baru seperempatnya atau 217 hektar yang tersebar di 17 desa dalam Kecamatan Rupit.

"Secara berlahan, angkat itu bisa meningkatkan ditahun - tahun mendatang. Kami melihat ada beberapa kepala desa yang mengajak diskusi tentang lahan terlantar. Apa saja yang dapat kami bantu, baik peralatan maupun herbisida ataupun bimbingan teknis dilapangan. Maka kami siap membantu" janji Ir Suhardiman.


Dilanjutkannya, panen yang dilakukan kali ini merupakan panen yang kedua dalam tahun 2019. Dalam istilah dinas Pertanian IP 200 dan untuk panen kali ini ada sekitar 15 hektar sawah.

"Ditahun 2019 ini dinas Pertanian Kabupaten Muratara mendapat program SERASI (Selamatkan Rawa dan Sejahterahkan Petani) seluas 1000 hektar. Alokasinya berada di desa Bingin Rupit mendapat kuota 25 hektar dan untuk alokasi yang lain tersebar di kecamatan Rawas Ilir dan Ulu Rawas" bebernya.

program SERASI itu, lanjut Suhardiman, bertujuan meningkatkan produksi dan meningkatkan kesejatraan petani yang  sasarannya indeks pertanaman meningkat dari IP 100 menjadi IP 300.



Bupati Muratara HM Syarif Hidayat salam sambutannya mengatakan, sesuai dengan Visi - Visi Bupati - W akil Bupati Muratara, salah satunya adalah membuka lahan tidur. Setiap tahun, masyarakat terus dipacu dengan memberikan peralatan dan bibit yang semuanya diberikan secara gratis.

"Tahun lalu kita panen raya di Kecamatan Rawas Ilir tepatnya di desa Pauh. Kami menghimbau kepada seluruh kades di Kabupaten Muratara, Jika seluruh desa yang berjumlah 82 desa ini seperti desa Bingin Rupit yang mempunyai motivasi. Insya Allah masyarakatnya sejahtera" kata Bupati.


Bupati menyebut, untuk saat ini penghasilan pokok petani di Muratara masih mengandalkan karet, namun harga jual getah karet turun drastis. Menghadapi situasi seperti itu, jangan berdiam diri. Cari alternatif lain untuk kehidupan seperti mengolah sawah.


"Dengan adanya panen raya ini, mudah - mudahan masyarakat akan sejahtera dan menurunkan angka kemiskinan" tutup Bupati. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive