09 August 2019

Sejak 2 Agustus 70 Anggota Paskibra Muratara Sudah Masuk Karantina



MURATARA MSM.COM - Menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (74) yang ke-74, Pemkab Muratara, Melalui Dinas Pemuda dan Olahragah (Dispora) Muratara mengkarintina 70 orang anggota Paskibraka.

Karintina tersebut, untuk persiapan petugas pengibar bendera pada 17 Agustus mendatang. Yang mana 70 orang tersebut diambil dari 7 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muratara. Terdiri dari 35 perempuan dan 35 laki-laki yang terpilih hasil seleksi paskibraka tingkat Kecamatan.



Kepala Dispora Muratara, Haidir Kalingi, melalui Kabid Kepemudaan Dispora Muratara Supriyanto mengatakan, anggota Paskibraka Muratara mulai di karangtina sejak Jumat (02/08) yang lalu.

"Tanggal (3-6/08) mereka mulai mengikuti materi PBB dan Formasi, tanggal (6-12/08) mendapatkan materi PBB, formasi, penaikan dan penurunan bendera. Sedangkan tanggak (13-15/08) 15 materi PBB, formasi, penaikan bendera dan penurunan. Serta malamnya pengukuhan anggota Paskibraka Muratara," jelas ia.



Menurut ia, karangtina tersebut dengan dasar UU No 24 tahun 2009, tentang Bendera, Bahasa, dan Lembaga Negara, serta Lagu Kebangsaan Lembaran Negara Republik Indonesia. Serta surat edaran Kepala Dispora  Provinsi Sumsel No. 427/101/Dispora/2019 Perihal Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi dan Nasional Tahun 2019 tanggal 17 Januari 2019.

"Yang bertujuan meningkatkan dan mengembangkan rasa kesadaran nasional untuk mensyukuri kemerdekaan Negara Kesatuan RI, Memupuk semangat kebangsaan, kecintaan serta turut memiliki bangsa dan negara Republik Indonesia dikalangan generasi muda, Mewujudkan kader-kader patriot pembela bangsa dan negara dikalangan generasi muda," jelasnya.



Selain itu, mengembangkan sikap disiplin dengan mengikutsertakan pemuda Indonesia pada peringatan hari-hari bersejarah. Membentuk Pasukan pengibar bendera pusaka dalam rangka upacara peringatan hari proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada setiap tanggal 17 Agustus, paparnya. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive