Tuesday, November 5, 2019

Ciptakan dan Kembangkan SDM. Disperindagkop Berikan Pelatihan ke Pengrajin Kayu



MURATARA MSM.COM - Pemkab Muratara melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) memberikan pelatihan kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di bidang pertukangan kayu.


Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari, diikuti sebanyak 25 orang. Tiga narasumber yang memberikan pelatihan, merupakan ahli dibidang pengrajin kayu dari Yogyakarta.


Panitia pelaksana sekaligus Kabid Industri Disperindagkop Muratara, Padilah, Selasa (5/11) menjelaskan, 25 peserta yang mengikuti pelatihan berasal dari beberapa kelompok IKM.


Masing - masing tiga kelompok dari Kecamatan Rupit, satu kelompok dari Kecamatan Rawas Ulu serta ditambah satu kelompok lagi dari Kecamatan Karang Jaya. Masing - masing kelompok mengirimkan sebanyak 5 orang.


"Tujuannya untuk memberikan pelatihan tehnis serta cara pengelolahan SDM dan mengembangkan IKM sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomis" jelasnya.




Dengan memiliki SDM yang benar - benar ahli dibidang tersebut, sambung Padilah, sehingga mampu menghasilkan karya yang mampu bersaing. Sehingga tidak perlu lagi memberi cindramata dari luar. Cukup hasil karya pengrajin kayu yang ada di Muratara.


"Para pejabat kita yang menghadiri even tertentu di luar biasanya memberikan cindramata. Nah kita ingin penghargaan itu hasil karya tangan orang orang Murartara,"harapnya.


Kepala Disperindagkop, H Syamsu Anwar mengharapkan, pelatihan tersebut dapat mengembangkan usaha yang sudah ada, sekaligus memberikan wawasan kepada peserta.



Dikatakannya, pelatihan juga sebagai wadah dalam menunjang pengrajin dalam menciptakan ekonomi rumahan, yang tidak menutup kemungkinan berkembang dalam sekala yang lebih besar.


Tidak hanya itu, dengan adanya SDM yang handal dalam berbidang. IKM nantinya diharapkan dapat juga menciptakan lapangan kerja.


"Pemda dari awal telah komitmen memberikan bantuan serta arahan kepada para pengarajin IKM, sehingga dapat membantu ekonomi di Masyarakat,"jelasnya. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive