Tuesday, November 12, 2019

Peringatan Hari Pahlawan di Muratara Berlangsung Khidmat Bupati Lakukan Tabur Bunga




MURATARA MSM.COM-Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tahun 2019 di Kabupaten Muratara, berlangsung khidmat. Upacara yang digelar oleh Pemkab melalui Dinas Sosial berlangsung di lapangan sepak bola, Kelurahan Pasar Surulangun Kecamatan Rawas Ulu, Minggu (10/11).


Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat. Pembacaan teks UU Dasar 1945 oleh Devi Ariyanto, Wakil Ketua II DPRD Muratara. Sementara pesan - pesan pahlawan nasional, dibacakan oleh staf Dinas Sosial.



Diantaranya pesan pahlawan nasional Nyi Ageng Serang, Jenderal Soedirman, Moh. Yamin, Tengku Nyak Arif, Abdul Muis, Pattimura, Silas Papare, Bung Tomo, Gubernur Suryo, Ir Soekarno, Moh. Hatta, RA Kartini, Ki Hajar Dewantara dan I Gusti Ngurah Rai.


Upacara dirangkai dengan mengheningkan cipta selama satu menit. Kemudian dilanjutkan dengan amanat pembina upacara yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, HM Syarif Hidayat.




Bupati Muratara, yang membaca amanat Menteri Sosial RI, menegaskan melalui peringatan Hari Pahlawan, bangsa Indonesia kembali diingatkan kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.  Yang merupakan momen bersejarah dalam merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah.


"Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini, tidaklah datang begitu saja. Namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luas biasa dari para terdahulu negeri ini" kata Bupati.




Masih kata Bupati, semangat yang ditunjukkan para pahlawan, hendaknya diteruskan dan ditumbuh kembangkan oleh segenap warga negara Indonesia. Serta dapat menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.


"Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar, katanya.
Selain itu, memen peringatan hari pahlawan dapat membangkitkan semangat berinovasi anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Sebab, siapapun warga negara Indonesia dapat menjadi pahlawan masa kini dalam bentuk memperkuat keutuhan NKRI.




Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah.

Tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata internasional, tegasnya.



Diakhir amanatnya, Bupati mengharapkan bahwa momentum hari pahlawan ini harus dimaknai dengan wujud nyata, dengan terus membangun negeri menuju Indonesia Maju.


Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan masa kini. Maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu, marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia, katanya.




Usai upacara, Bupati Muratara menyerahkan santunan kepada janda pejuang kemerdekaan (veteran.Red) kabupaten Muratara. Selanjutnya, Bupati dan jajaran Forkompinda melakukan ziarah ke makam Pahlawan dan melakukan tabur bunga.


Upacara peringatan hari pahlawan, dihadiri oleh ketua TP PKK Lia Mustika Syarif, Forpimda Muratara, jajaran OPD dilingkungan Pemkab Muratara, PSM, TNI/Polri dan diikuti ribuan pelajar tingkat SD, SMP, SMA/SMK sederajat. (MJ)


Share:

Postingan Populer

Blog Archive