Wednesday, January 15, 2020

Gali Potensi Yang Ada. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kembangkan SDM Di Objek Wisata




MURATARA MSM.COM  - Keindahan destinasi wisata di Bumi Beselang Serundingan, sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan. Ketersediaan oleh -oleh khas Muratara, menjadi sesuatu yang potensial untuk dikembangkan.


Terkait hal itu, Pemkab Muratara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, telah melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat di sekitaran objek wisata sejak tahun 2019 lalu.


Pengembangan SDM terus berlanjut, tidak hanya SDM masyarakat di lingkaran destinasi wisata. Namun, tidak hanya untuk masyarakat di lingkaran destinasi wisata. Melainkan juga peningkatan SDM masyarakat yang jauh dari objek wisata.




Pengembangan SDM itu, bertujuan untuk membangkitkan ekonomi kelompok - kelompok yang ada. Demikian dijelaskan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Titin Martini, Senin (14/1) di ruang kerjanya.



"Seperti memberikan peralatan bagi mereka. Misalnya peralatan tenun kain, sehingga hasilnya nanti kita jual sekaligus dipromosikan pada even - even diluar daerah, dan juga kita jual dilokasi even tersebut" kata Titin.




Dengan SDM yang mempuni, tentunya produk yang dihasilkan layak untuk dipasarkan. Sehingga dapat dijadikan ciri khas tersendiri. "Bahwa kita mempunyai tenunan sendiri, kenapa kok kita masih memakai tenunan daerah lain" sambung Titin.


Dia mengungkapkan, bantuan juga diberikan kepada kelompok pembuat souvenir, seperti peralatan pembuat tasbih. "Potensi sangat besar, tinggal bagaimana menggalinya sehingga dapat dijadikan ciri khas. Kita pinginya, masyarakat tahu, ini loh ciri khas Muratara" tutupnya. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive