Saturday, January 18, 2020

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat. Pemkab Muratara Telah Bangun 9 Pasar Tradisional





MURATARA MSM.COM - Salah satu parameter daerah berkembang dan maju, adalah pergerakan ekonomi masyarakatnya. Tidak hanya dilingkungan perkotaan, pertumbuhan ekonomi masyarakat perdesaan juga harus menjadi perhatian.


Pemkab Muratara, dibawah kepemimpinan Bupati HM Syarif Hidayat, menggenjot bidang perekonomian masyarakat melalui pembangunan saranan prasarana pasar tradisional.


Kepala Disperindagkop, H Syamsu Anwar diruang kerjanya, Jumat (17/1) menjelaskan, program rehabilitasi dan pembangunan pasar baru yang dilakukan pemkab Muratara, semata - mata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.


"Sampai hari ini, tujuh kecamatan di Muratara sudah dibangun pasar. Diantaranya 3  pasar di di Kecamatan Nibung, 2 pasar di Kecamatan Rawas Ulu, dan 1 pasar masing - masing di kecamatan Ulu Rawas, Karang Dapo, Kecamatan Rupit dan Kecamatan Karang Jaya" paparnya.



Dirinya berharap, pasar - pasar yang sudah dibangun itu, dapat difungsikan dengan baik. Masyarakat juga harus tahu tugas dan kewajibannya, seperti membayar retribusi pasar seusai dengan Perda. Selain itu, masyarakat juga harus mempunyai rasa memiliki, karena pasar berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Muratara.


"Tidak hanya pasar, kita juga membina UKM. Karena kita tahu, bahwa koperasi di Muratara hampir 75 persen masih beralamat di Musi Rawas. Tugas kita kedepan, koperasi yang masih beralamat di Musi Rawas, bagaimana caranya supaya pindah ke Muratara. Soalnya kita rugi dari pajak PPN dan PPHnya" bebernya.


Ia menambahkan, Disperindagkop juga melakukan pengembangan dan pelatihan  peningkatan SDM, sekaligus memberikan bantuan peralatan, seperti mesin jahit dan peralatan untuk membuat kue dan peralatan lainnya. Ia juga berharap, UKM yang ada dapat mengikuti pelatihan.


"Apa yang sudah kita latih, supaya dilaksanakan. Karena harapan kita ialah meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menambah income masyarakat. Tujuan pelatihan yang kita berikan, agar masyarakat mandiri. Dengan mandiri akan menambah income keluarga" tutupnya. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive