Monday, April 20, 2020

Diketahui Setelah Rapid Tes. 1 Warga Muratara Positif Covid-19



MURATARA MSM.COM-Satu Orang Tanpa Gejala (OTG) warga Kabupaten Muratara berinisial DW (40), positif Covid-19. Hal itu disampaikan juru bicara penanganan Covid-19 Kabupaten Muratara, Susyanto Tunut, Minggu (19/4).

Dijelaskannya, kepastian OTG Positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid tes Rumah Sakit AR Bunda Lubuklinggau. Namun demikian, untuk memastikan, hasil rapid tes yang bersangkutan akan dikirim ke Palembang untuk dilakukan tes selanjutnya.

Susyanto Tunut memaparkan, DW merupakan warga Desa Karang Anyar yang tinggal di Muara Rupit. Sebelumnya, DW sempat mendapatkan penanganan medis di RSUd Rupit, karena yang bersangkutan akan melakukan persalinan. DW selanjutnya dirujuk ke RS AR Bunda Lubuklinggau, karena akan melakukan persalinan melalui  cesar.

“Sesuai protap pandemi penanganan Covid- 19, DW sebelum melakukan operasi cesar harus dilakukan rapid tes. Hasilnya, DW positif. Setelah operasi, alhamdulillah, anaknya dirapid tes negatif,” ungkapnya.

 Untuk mengantisipasi penyebaran Covid- 19, 10 orang tenaga medis yang sempat kontak dengan OTG dan 17 orang keluarga DW, dilakukan karantina di Hotel 929 Lubuklinggau.

“Atas koordinasi Bupati Muratara dan Walikota Lubuklinggau, 27 orang ini, kita lakukan karantina selama 14 hari dan dilakukan rapid tes. Dan semoga has swabnya negatif Covid- 19,” jelasnya.

Susyanto menyebut,  OTG sendiri tidak ada riwayat melakukan perjalanan jauh. Namun DW membuka warung di pinggir jalan. Kemungkinan DW tertular Covid-19 dari orang yang berhenti warungnya.

“Kami berharap, masyarakat jangan mengucilkan OTG positif Covid-19 dan orang yang dikarantina belum tentu positif, karena penyakit ini wabah dunia. Kita harus sama sama mendukung melawan Covid-19,” tutupnya. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive