09 April 2020

Ditengah Pandemi Covid-19. Petani Muratara Lakukan Panen Raya Suhardiman : Tetap Mematuhi Protokol Pencegahan Covid-19




MURATARA MSM.COM - Ditengah kekhawatiran akan kelangkaan bahan pangan, akibat pandemi Virus Covid-19. Petani Desa Bingin Rupit, Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara, justru melakukan panen raya, dengan luas lahan mencapai 15 Hektar.


Kepala Dinas Pertanian, Suhardiman menyampaikan, sebelum melakukan panen raya, pihaknya menghimbau petani untuk mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19 dalam melakukan panen raya.



Himbauan itu disampaikan melalui ketua kelompok tani masing - masing. Dimana mereka diminta untuk bekerja dengan mengutamakan keselamatan, serta memakai Safety sesuai yang anjurkan. Selain itu, tetap menjaga kebersihan dan mencuci tangan.


Dia mengatakan, saat ini seluruh masyarakat dibelahan dunia begitu was-was dengan penyebaran virus Covid-19. Kendati demikian, masyarakat tak perlu panik. Begitu juga dengan petugas penyuluh pertanian, tetap melaksanakan tugas memberikan pendampingan kepada para petani.




"Pendampingan tetap dilakukan dengan melakukan hal - hal yang dianjurkan oleh pemerintah. Karena sektor pertanian ini memiliki potensi yang sangat besar dalam menumbuhkan ekonomi pertanian" kata Suhardiman, Rabu (8/4).


Dalam memberikan pendampingan, penyuluh tetap menerapkan Sosial Distancing maupun Physical Distancing. Tidak mengumpulkan para petani dalam skala besar dan menghindari kerumuman orang banyak.


"Kalau memang ada hal yang mendesak, tentunya dilaksanakan dalam jumlah skala 10 orang, dan tempat duduknya diatur diruang terbuka dan tidak dalam gedung" jelasnya. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog