18 April 2020

Edukasi Petugas Medis. Tim GTPP Covid-19 Gelar Simulasi





MURATARA MSM.COM - Sebagai upaya kesiapsiagaan, Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Muratara,  menggelar simulasi penanganan terhadap jenazah Covid-19 dari persiapan hingga pemakaman jenazah.

Simulasi yang melibatkan unsur TNI-Polri, Dinas Kesehatan dan juga petugas medis RSUD, disaksikan unsur Forkopimda, digelar di Poskodal Covid-19 Kabupaten Muratara, Jum'at (17/4).

Wakil ketua I, gugus tugas Covid-19, Dandim 0406/MLM Letkol Inf M Aan Setiawan, hadir memantau jalannya proses simulasi penanganan jenazah Covid-19 mulai persiapan hingga pemakaman jenazah.

Juru bicara Covid-19, Susyanto Tunut menyebut, simulasi penanganan terhadap jenazah Covid-19, dilakukan untuk memberikan edukasi kepada tenaga medis, jika suatu saat terhadi hal - hal yang tidak diinginkan.

"Simulasi ini untuk  memudahkan para tenaga medis dalam penanganan jenazah Covid-19 jika terjadi suatu saat nantinya," kata susyanto

Simulasi ini dilaksanakan sesuai standar penanganan jenazah Covid-19 dimulai persiapan petugas diwajibkan menggunakan APD lengkap, disinfektan, mensalatkan jenazah, membawa jenazah ke mobil ambulance, selanjutkan menuju lokasi pemakaman dikawal mobil Satlantas.

"Simulasi ini untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi Covid-19. Jika nanti ada musibah, para tim medis kita tidak canggung lagi, mereka sudah tahu tahapan apa saja yang dilaksanakan mulai dari mensalatkan hingga pemakaman untuk dikebumikan, seperti yang baru saja kita saksikan," ucap susyanto. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog