Tuesday, September 15, 2020

LPTQ Muratara Gelar Pelatihan Dewan Hakim dan Panitera MTQ/STQ




MURATARA MSM.COM - Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Muratara, menggelar pelatihan Dewan Hakim dan Panitera Musabaqoh Tilawatil Quran/Seleksi Tilawatil Quran (MTQ/STQ) Kabupaten Muratara tahun 2020.


Pelatihan digelar di Ponpes  Tazakka Pasar Surulangun, Kecamatan Rawas Ulu, Selasa (15/9). Dihadiri Ketua LPTQ Muratara, Asisten II Setda Muratara, Kabag Kesra, Kemenag, Ketua Dewan Masjid Kabupaten Muratara, para ustad dan kyai serta para peserta pelatihan.




Ketua LPTQ Kabupaten Muratara, melalui Sekretaris sekaligus ketua panitia, Selamat Tulipri mengatakan, kegiatan pelatihan dewan hakim dan panitia MTQ/STQ tingkat Kabupaten Muratara ini, dilaksanakan selama lima hari.


Dia menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menambah kualitas dan kredibilitas serta profesionalisme dewan hakim dan panitera MTQ/STQ Kabupaten Muratara.




"Kita sering melaksanakan MTQ, maka dari itu perlu adanya pelatihan dan pembinaan untuk menambah kualitas. Selain itu,  pelatihan ini juga untuk mencari generasi dewan hakim, baik tingkat kecamatan hingga ke tingkat desa" jelasnya.


Dia mengungkapkan, jumlah dewan hakim yang mengikuti pelatihan sebanyak 100 orang. Dengan rician 40 orang dewan hakim tetap  para ustad dan ustadazah, para dewan hakim senior dan 40 orang diambil dari MTQ tingkat kecamatan dan tingkat desa. Ditambah 20 orang lagi para  panitera dengan total jumlah peserta pelatihan sebanyak 100 orang.


Kami berharap acara pelatihan ini dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkat profesionalitas dewan hakim untuk MTQ Tingkat Kabupaten Muratara tahun 2021 mendatang di Kecamatan Ulu Rawas jelasnya.


Selain itu, sambungnya, Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muratara yang telah membantu dan terus mensupport semua kegiatan LPTQ Kabupaten Muratara.


Sementara itu, Bupati Muratara HM Syarif Hidayat diwakili Sekda Alwi Roham memberikan apresiasi dengan kegiatan pelatihan ini. Menurut Sekda, pelatihan dewan hakim dan panitera ini cukup strategis.


"Saya mengapresiasi setinggi - tingginya kepada LPTQ dengan adanya kegiatan pelatihan para dewan hakim ini. Mulai dari tingkat Desa, Kecamatan hingga Kabupaten yang menambah pengetahuan, wawasan dan profesionalisme dalam bidang hakim" kata Sekda.


Sekda berharap, melalui pelatihan ini para dewan hakim dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, para dewan hakim semakin kredibel dan berkualitas serta profesional.


"Dan untuk mempersiapkan dewan hakim yang profesional, tentunya pelatihan pada hari ini akan berimbas kepada qori dan qoriah dimasa - masa yang akan datang. Dengan mengucapkan "Bismillahirohmanirohim " acara resmi kami buka" kata Sekda. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive