15 October 2020

Berikan Pemahaman Kepada Masyarakat Tentang Bahaya Bahan Pangan. Dinas Kesehatan Lakukan Sosialisasi

 


MURATARA MSM.COM-Tanpa disadari, setiap hari masyarakat mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet. Bila dikonsumsi berlebih, tentu dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.


Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya bahan pangan. Dinas Kesehatan Kabupaten Muratara melakukan sosialisasi  Komunikasi Informasi dan Edukasi Bahaya Bahan Pangan, Kamis (15/10).


Sekretaris Dinas Kesehatan, H Suryadi mengatakan, perlunya edukasi kepada masyarakat tentang bahan pangan yang dikonsumsi setiap hari, yang terkadang diabaikan kandungannya oleh masyarakat, berbahaya bagi kesehatan atau tidak.


Masyarakat kerap abai, bahwa makanan yang dikonsumsi mengandung bahan pengawet. Disinilah pentingnya edukasi. "Biar warga tahu bahwa makanan yang selama ini banyak campuran pengawetnya," kata  Suryadi.


Dia mengungkapkan, contoh pangan yang berbahaya setiap hari dimakan sejenis NSG alias penyedap makanan seperti Masako, Micin, Royco dan lainnya. Penyedap tersebut  jika tidak sesuai dengan takaran, dapat mengakibatkan saraf otak terganggu.


"Itu salah satu contoh dari bahaya lainnya. Tentunya ini tidak bisa dihilangkan sekaligus, namun bahan tetap dipakai, dengan takaran yang pas, sehingga tidak berbahaya bagi konsumen,"ujarnya.


Dengan adanya sosialisasi, kedepan para ibu  yang mengikuti kegiatan sosialisasi paham, bahwa bahan pangan yang digunakan melebihi batas pemakaian, akan berbahaya bagi kesehatan. (MJ)

Share:

Postingan Populer

Blog Archive