Rabu, 05 September 2018

Ini Peringatan Bagi Perokok


Sekretaris Dinkes Musi Rawas Muhamad Nizar (Foto:Zul/MSM.COM Editor : Andy Afriansyah) 
---------------------------------------------------------------


MUSIRAWAS MSM. COM - Seperti telah diberitakan sebelumnya, bahwa diduga telah beredar rokok ilegal berlabel baru di Kabupaten Musi Rawas. Kendati yang berwenang menyatakan layak atau tidaknya merupakan hak Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Namun, Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas menyatakan, baik ilegal maupun tidak, rokok tetap berbahaya. Hal itu diungkapkan Kadinkes Mura, Drg. Hj. Mipta Hulumi melalui Sekretarisnya, Muhamad Nizar, Rabu (5/9).

Dikatakannya, semua jenis rokok legal maupun ilegal berdampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh perokok. Kebiasaan buruk merokok menjadi faktor pemicu berbagai penyakit.

"Seperti yang sudah tertera pada bungkus rokok tersebut, mulai dari kanker paru-paru, impotensi, penyakit jantung dan sebagainya" kata Muhamad Nizar. Tidak sampai disitu saja, kebiasaan menghisap rokok juga dapat menyebabkan kematian.

Berbagai macam rokok, baik jenis filter maupun kretek semuanya sama-sama berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jika merokok sudah menjadi rutinitas, maka zat - zat yang terkandung dalam sebatang rokok menumpuk dalam tubuh.

Dari situlah berbagai macam penyakit akan muncul. "Yang paling mematikan itu, (perokok. red) akan terkena penyakit jantung" terangnya.

Berdasarkan catatan, sejak 2017 hingga 2018 ini, kabupaten Musi Rawas sudah ternasuk kategori tertinggi kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Sehingga Bupati meluncurkan program Musi Rawas Sempurna Sehat, yang salah satu pointnya melarang merokok didalam rumah. Sebab, apabila anak - anak usia dini sampai terhirup asap rokok berdampak buruk terhadap kesehatan anak.

"Berakibat sangat fatal, karena oksigen yang dihisapnya akan merusak saluran pernapsan" tandasnya. (zul)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog