Senin, 26 November 2018

Disperi Muratara Adakan Sosialisasi Permajaan Kelapa Sawit





MURATARA MSM. COM- Sosialisasi permajaan kelapa sawit kegiatan pembangunan sdm dan sarana prasarana tahun 2018. Oleh Dinas pertanian dan perikanan (Disperi) Kabupaten Muratara.


Kepala Disperi Kabupaten Muratara, Ir. Suhardiman mengatakan kegiatan sosialisasi ini sebagai informasi kepada pertani kepala sawit bahwa ditahun 2019 mendatang ada bantuan 25 juta perhetar.
Dengan tujuan untuk membantu masyarakat melakukan pembangunan kebut kelapa sawit berkelanjutan sesuai harapan masyrakat dan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.


Selain itu, sumber dana berasal dari badan pengelolahan dana perkebunan kelapa sawit, melalui kerja sama dirjenbut dengan bantuan hibah dana pembangunan kelapa sawit.

"Sebanyak 25 juta perhektar. Dan apabila dana tersebut diangap tidak cukup dalam rangka pembangunan kelapa sawit. Maka peserta peremajaan dapat melakukan peminjaman dana melalui perbangkan atau uang kas kud serta uang pribadi petani," beber Suhardiman.

Perlu dikatahui, perserta diikuti 50 orang mulai dari kepala opd, kades, petani, Camat dan ktua KUD yang wilayahnya memiliki tanaman kelapa sawit diwilayah Muratara.

Selain itu, sebagai informasi Kabupaten Muratara memiliki luas perkebunan kelapa sawit rakyat 12.409,20 ha dengan produksi 107.471,10 ton.

"Maratara saat ini mendapatkan kouta peremajaan 1.100 ha rencana lokasi yang akan diremajakan di ex. Plasma pt dendy marker indah lestari pada pengusulan peremajaan tahun 2019 . kud pakar maur mengusulkan lahan 900 ha. Dan kelompok tani pautan hidup desa," pungkasnya.


Sementara itu, Bupati Muratara, H Syarif Hidayat mengatakan kegiatan ini sangat baik sekali bagi komuditi petani sawit."Komuditi kelapa sawit ini sangat diminati masyarakat Muratara," ungkapnya.
Selanjutnya, memang masyarakat di Muratara para petani mencapai 80 persen. Hal ini sangat mendorong perekonomian rakyat. Saya himban. Manfaatkan bantuan sesuai aturan serta kualitas tanaman sawit," pungkasnya. (Hamkam)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog