Kamis, 20 Desember 2018

Dinas Pertanian Bantu Alat Pertanian



MURATARA, MSM.COM - Dalam rangka meringankan serta membantu pekerjaan para petani di Bumi Berselang Serundingan, Dinas Pertanian dan Perikanan menyalurkan bantuan alat pertanian, bibit dan sebagainya kepada para petani.


Adapun bantuan yang di salurkan kepada para petani adalah alat alsinta sebanyak 346 yunit di ambil dari APBN, sedangkan untuk dana APBD hanya di pokuskan membantu pada bibit dan beni seperti padi, karet, kakau, kopi. Untuk di bidang peternakan ada ikan, itik, kolam terpal serta bibit ikan pakan, kemudian obat-obatan pertanian, mesin pemotong rumbut dan lain sebagainya.


Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara Suhardiman mengatakan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara selama tahun anggaran 2018 telah menyalurkan berbagai macam bantuan khususnya di Bidang Pertanian dan Perikanan Juga peternakan.


"Program ini kami lakukan tiada lain hanya untuK mendukung visi dan misi Bupati Syarif dan Devi yaitu mengoftimalisasi pemanpaatan lahan terlantar."ungkap ia.


Di jelaskan Kadis, adapun yang di salurkan pada para petani adalah jenis bantuan alsinta Traktor roda 4 sebanyak  14 unit, traktpr roda 2 sebanyak 87 yunit, hensplayer sebanyak 100 yunit, ricetran splanter sebanyak 19 yunit, kultipator sebanyak 11 yunit, alat tanam kagung sebanyak 12 yunit, kombine hastester kecil sebanyak 1 yunit.

Pompa air sebanyak 56 yunit, power treser multiguna sebanyak 10 yunit, alat pengolah pupuk organik sebanyak 7 yunit, motor roda 3 sebanyak 7 yunit, damparit sebanyak 4 yunit, sumur bor sebanyak 18 yunit, jalan produksi sepanjang 2 kg, embung sebanyak 1 yunit, normalisasi sungai lebih kurang sepanjang 1.5 kg, perbaikan jaringan irigasi tersier seluas 250 Hektar, jumlah keseluran sebanyak 346 yunit, itu di ambil dari APBN.


"Sedangkan dari anggaran APBD, itu di pokuskan pada bibit dan beni seperti  padi, karet, kakau, kopi. Untuk di bidang peternakan ada bantuan yang di salurkan berupa ikan, itik, kolam terpal serta bibir ikan pakan, kemudian obat-obatan pada pertanian, mesin pemotong rumbut dan lain sebagainya."ungkap ia.


Lanjut yang biasa Pak Diman, bantuan ini bertujuan untuk meringankan dan meningkatkan beban serta pendapatan para petani di kabupaten Muratara.


"Saya hanya berharap kedepan agar para petani dapat memelihara dan merawat apa yang telah di berikan oleh pemerintah kabupaten Muratara, manpaatkan semaksimal mungkin."pinta ia.


Sambung Diman, alat di berikan untuk membantu kelancaran atau aktipitas petani dalam berusaha sebagai petani sehingga di harapkan para petani agar  dapat meningkatkan penghasilan secara meksimal.


"Kedepan saya akan terus berusaha agar apa yang di butuhkan masyarakat dalam bidang pertanian akan terealisasi sesuai harapan."tegas ia.


Sementara Kepala Desa Bingin Kecamatan Rupit Henki Basyif mengatakan, ia membenarlan adanya bantuan dari Pemkab Muratara melalui Dinas Pertanian da Perikanan, batuan tersebut berupa alat pertanian, bibit atau beni seperti bibit sawit, padi, karet dan sebagainya, kemudian ada bantuan ikan serta banyak yang lainnya yang tidak bias di jelaskan karena lupa.


"Saya afresiasi kerjanya Dinas Pertanian dan Perikanan, dengan banyaknya bantuan untuk masyaralat khususnya pada bidang pertanian, masyarakat kami merasa sangat terbantu perekonomiannya."ungkap ia.


Lanjut Kades, selama ini masyarakat tidak terpikirkan untuk bersawah, dengan adanya bantuan dari pemkab di Desa Bingin saat ini sudah banyak yang bersawah, beternak ikan dan sebagainya sehingga masyarakat Bingin perekonomiannya sedikit terbantu.


"Sekali lagi saya acung jempol pada Pemkab Muratara terkhusus Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan."tutup nya. (Hamkam)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog