Selasa, 05 Maret 2019

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Sosialisasi Lumbung Pangan



MURATARA MSM.COM - Pemerintah Kabupaten Muratara melalui Dinas Ketahangan Pangan menggelar sosialisasi lumbung pangan, Selasa (5/3). Hadir Kepala Dinas Ketahangan Pangan Ir Titin Martini dan Kabid Distribusi Otang Kusnadi.

Acara yang berlangsung di Kantor dinas Ketahanan Pangan diikuti Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Pengurus Lumbung Pangan dari 4 Kecamatan, yaitu Kecamatan Rawas Ulu, Karang Dapo, Karang  Jaya dan Kecamatan Nibung.



Kepala Dinas Ketahangan Kabupaten Muratara Ir Titin Martini mengungkapkan, saat ini lumbung pangan nyaris tidak tersentuh lagi. Padahal ditingkat masyarakat, lumbung pangan itu ada.

Hal itu bisa jadi, anggapan masyarakat tentang lumbung pangan yang biasa saja. Nyatanya, lumbung pangan sangat penting bagi ketahanan pangan. Sebab, lumbung pangan memiliki beragam fungsi.



"Lumbung pangan itu fungsinya pada saat ada bencana, kita sudah siap. Kemudian ketika panen, petani bisa menyimpan gabah didalam lumbung pangan itu" jelasnya.

Tidak hanya itu, lumbung pangan juga bisa untuk kegiatan sosial oleh pengurus lumbung pangan yang bersangkutan. Ia mencontoh, kelompok yang tidak mempunyai lumbung pangan, ketika panen dapat menitipkan hasil panen ke kelompok yang mempunyai gudang penyimpanan.

"Nah kalau ditingkat pemerintah lumbung pangan itu Bulog yang sudah bernilai ekonomis. Cadangan beras dikeluarkan ketika terjadi banjir dalam skala besar. Jika Kabupaten tidak memiliki cadangan, maka beras tersebut akan dikeluarkan" papar Titin.

Mengingat banyaknya fungsi dari lumbung pangan. Maka kedepan ia berharap ada keterlibatan dari produsen dan kegiatan teman usaha masyarakat. Hal itu untuk melihat sejauh mana ketersediaan, distribusi dan konsumsi.

"Nanti akan disimpulkan bagaimana menjadikan Muratara ini bangkit dibidang ketahanan pangan" ucap Titin Martini. (MJ).

Share:

Postingan Populer

Arsip Blog