Tuesday, October 8, 2019

Dispertankan Gelar Lomba Gemar Masak Ikan



MURATARA MSM.COM - Beragam kreasi makanan yang berasal dari panganan ikan ditampilkan oleh seluruh perwakilan kecamatan pada Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) tingkat kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tahun 2019.

Lomba yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara sekaligus sosialisasi yang berlangsung di Hotel Burza, Senin-Selasa (7-8/9).

Sebagaimana tema yang diangkat kali ini melalui sosialisasi dan lomba LMSI tingkat kabupaten Kita ciptakan ragam menu masakan ikan untuk generasi yang sehat, kuat dan mencegah stunting.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat yang diwakili oleh Sekda, Alwi Roham dan dihadiri oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Muratara, Lia Mustika Syarif dan Ketua DWP Nur Aini Alwi Roham dan kepala atau perwakilan OPD dilingkungan Pemkab Muratara.

Sekda Kabupaten Muratara, dalam membuka kegitan menyampaikan pentingnya mangkonsumsi ikan karena bagus untuk perkembangan anak, bail untuk otak maupun fisik.

Hendaknya, dengan sosialisasi dan lomba, Bukan hanya gemar makan ikan, tapi kreatif dalam membuat makanan.

Lebih lanjut ditambahkan Sekda, Pentingnya keragaman makanan ikan, selain menumbuhkan semangat dalam konsumsi ikan.

"kalau cuma satu jenis pasti mulu (bosan,red). Kalau dulu ikan banyak sehingga kurang dimodifikasi dalam jenis masakan, Untuk itulah diharapkan mulai dari anak-anak hingga dewasa gemar makan ikan," "kata Alwi Roham.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Muratara, Lia Mustika Syarif dalam arahannya mengapresiasi terlaksananya kegiatan sosialisasi dan LMSI.

Menurut Lia Mustika Syarif Dispertanikan merupakan salah satu dinas yang dinilai berhasil. "Terbukti saat turun ke masyarakat,  meninjau sendiri, masyarakat sudah dirasakan adanya bantuan pemerintah ke masyarakat,"papar dia.

Harapannya usai mengikuti sosialisasi ini, diajarkan kepada masyarakat bagaimana membuat makanan atau masakan dari ikan.

"Saat ini kebanyakan ibu-ibu maunya serba praktis, seperti memberikan makanan bubur ke Balita membeli bubur saset, apo salahnyo membuat sendiri, tapi inilah kondisi yang ada sekarang,"papar Lia Mustika Syatif

Dijelaskannya, Ikan merupakan sumber protein untuk menghindari
Stunting yang merupakan cacat bawaan hamil disebabkan saat hamil mengkonsumsi makanan yang kurang gizi.

Sebelumnya, Kepala Dispertanikan Kabupaten Muratara, Suhardiman dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini sebagai tindaklanjut program nasional gemar makan ikan.

Suhardiman menjelaskan,tujuan kegiatan ini untuk mensosialisasikan gerakan nasional memasyarakatkan gemar makan ikan, Selanjutnya untuk meningkatkan konsumsi makan ikan khususnya di Kabupaten Muratara, selain itu pula kegiatan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat pentingnya konsumsi ikan guna menunjang gizi masyarakat.

"Kegiatan ini juga mendorong kreatifitas masyarakat dalam pembuatan makanan serba ikan,"Utaranya (MJ-HP)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive