-->

IKLAN

IKLAN

Tahun Ini Kades Dapat Dana Operasional Dari DD. Ini Pesan Anggota DPR RI Fauzi Amro !

mediasinarmuratara
27 Desember 2022, 13:43 WIB Last Updated 2022-12-27T06:43:36Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Anggota DPR RI Komisi 11 Dapil 1 Sumatera Selatan Periode 2019 - 2024 Fauzi Amro menyerahkan bantuan pada reses di Balai Kelurahan Pasar Surulangun Kecamatan Rawas Ulu


 

MURATARA MSM.COM – Mulai tahun ini, Kepala Desa akan mendapatkan dana operasional dari anggaran Dana Desa.  Namun, berapa persentase besarannya tergantung hasil rapat dengan BPD Desa.

 

Anggota DPR RI Komisi 11 Dapil 1 Sumsel Periode 2019 – 2024 dari Fraksi Partai Nasdem Fauzi Amro menyebut, persentase untuk operasional Kepala Desa di dalam Dana Desa ditentukan dari hasil rapat.

 

“Tahun ini, ada dana operasional untuk Kades. Dana ini tinggal dirapatkan dengan BPD, berapa persen untuk operasional Kades. Karena, dana operasional ini persentasenya tidak diatur dalam Undang – Undang” kata Fauzi Amro dalam reses di balai Kelurahan Pasar Surulangun, Kecamatan Rawas Ulu, Senin (26/12/2022).

 

Namun demikian, politisi partai Nasdem ini mengingatkan, kepala desa tidak terlena dengan dana Desa. Soalnya, dana desa diperuntukkan untuk membangun desa. Bukan untuk Kepala Desa.


BACA JUGA : 

 

Hal itu, seperti yang disampaikan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani tentang peruntukan dana desa adalah untuk membangun desa. Peraturan penggunaan dana desa, diatur dalam UU Nomor 11 Tahun 2015.

 

Fauzi Amro mengatakan, ada empat prioritas di dalam alokasi Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah. Pertama, untuk penanganan kemiskinan ekstrim, alokasinya dibatasi maksimal 25 persen.

 

Perioritas kedua, untuk pemberian bantuan permodalan kepada Badan Usaha Milik Desa (BumDes). Prioritas ketiga, untuk penanganan stunting, ketahanan pangan dan hewani.

 

“Dan, ditambah satu lagi di tahun ini ada dana operasional untuk Kepala Desa. Tapi persentasenya tidak diatur di dalam Undang - Undang” kata Fauzi Amro.


BACA JUGA :

 

Lantaran, pengelolaan dana desa yang sudah berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Dia meminta dalam pengelolaan Dana Desa, harus bersinergi dengan BPD dan perangkat Desa.

 

“Jadi arah kebijakannya, yang pertama dana desa kalau tidak mau bermasalah, ajak BPD rapat. Perangkat Desa dengan BPD harus duduk bersama – sama” sambung Fauzi Amro.

 

Seperti diketahui, dalam reses di balai kelurahan Pasar Surulangun, Kecamatan Rawas Ulu, Senin (26/12/2022). Fauzi Amro juga memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat.

 

Ketua DPD Partai Nasdam Kabupaten Muratara H Inayatullah yang hadir, memberikan pujian kepada Fauzi Amro soal kesungguhan anggota DPR RI Fauzi Amro, dalam membantu meringankan beban pemerintah daerah.

 

Kesungguhan itu, diwujudkan dengan memberikan berbagai bantuan sosial kepada masyarakat Kabupaten Muratara. Baik bantuan untuk peningkatan ekonomi, pembangunan hingga memberangkatkan umroh.

 

Jurnalis : A.Majid – Rahmad. A – M Feriansyah

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA