-->

IKLAN

IKLAN

Disdik Muratara Gelar Kegiatan Ini Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan Guru Penggerak dan Pengajar

mediasinarmuratara
13 November 2023, 19:10 WIB Last Updated 2023-12-20T05:05:06Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Kegiatan "Berbagi Praktik Baik Aktor Guru Penggerak dan Pengajar Praktik" yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara

 

 

MURATARA MSM.COM – Pendidikan guru penggerak, merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin  pembelajaran, dengan empat kompetensi yang harus dimiliki.

 

Keempat kompetensi itu adalah mengembangkan diri beserta orang lain, memimpin proses kegiatan pembelajaran, memimpin pengembangan sekolah dan memimpin manajemen sekolah.

 

Hal itu dikatakan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara Zazili, S.Sos, dihadapan guru SD dan SMP se Kabupaten Muratara pada kegiatan “Berbagi Praktik Baik Aktor Guru Penggerak dan Pengajar Praktik”, di lantai 2 gedung BPKAD, Senin (13/11/2023).

 

Dikatakannya, ada lima intervensi program sekolah penggerak. Pertama pendampingan konsultatif dan asimetris, kedua penguatan SDM di sekolah, ketiga pembelajaran dengan paradigm baru, keempat perencanaan berbasis data, dan kelima digitalisasi sekolah.


BACA JUGA : 

 

Pemkab Muratara, kata Dia, terus mendukung peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Bumi Beselang Serundingan, dengan menetapkan dan mengeluarkan beberapa arah kebijakan.   

 

“Mengeluarkan Perbup Nomor 39 tahun 2023 tentang peningkatan mutu pendidikan melalui dukungan program sekolah penggerak, implementasi kurikulum merdeka, dan perencanaan berbasis data di Kabupaten Muratara” jelasnya.

 

Pemkab Muratara juga melakukan nota kesepakatan program sekolah penggerak dengan Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikburistik untuk peningkatan mutu pendidikan melalui PSP.

 

Untuk program guru penggerak, Pemkab Muratara dimulai dari angkatan 6 hingga saat ini terus berupaya mempercepat pendaftaran seleksi CGP dan PP. Disdik bersama BGP pun melaksanakan sosialisasi dan coaching clinic.


BACA JUGA : 

 

Sementara, untuk penguatan komunitas belajar dan pemanfaatan PMM, Pemkab Muratara melalui Disdik mengadakan sosialisasi aktivasi akun pembelajaran sebagai akses masuk platform merdeka mengajar bagi guru dan tenaga pendidikan dengan merujuk pada surat edaran Dirjen GTK Kemendikbudristek.

 

 

 

Untuk perencanaan basis data, terangnya, Disdik melakukan sosialisasi ke satuan pendidikan. Serta untuk sosialisasi dan pelaksanaan IKM, Disdik terus berkomitmen untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka dan pemanfaatan platform merdeka mengajar di satuan pendidikan.

 

Dengan kegiatan ini, kata Zazili, para guru dapat membangun kepercayaan diri menjadi pemimpin di dunia pendidikan, serta dapat belajar dari pengalaman praktik, bisa menjadi guru penggerak, dan bisa membuat perubahan terhadap sekolah dan bisa meningkatan kualitas anak didik.

 

“Untuk kedepannya, guru penggerak akan kita tambah lebih banyak lagi, dan disetiap sekolah ada ada guru penggerak” kata Zazili. Untuk diketaui, selain dihadiri Plt Kepala Disdik Zazili, kegiatan ini juga dihadiri Kepala Bidang (Kabid) GTK dan Kepala Sekolah di Muratara.

 

Jurnalis : A.Majid

baca berita lainnya di google news 

 

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA