Minggu, 29 Juli 2018

Lestarikan Budaya Kades Pasenan Ajak Masyarakat Gotong Royong



MUSI RAWAS,SM - Guna melestarikan sifat dan budaya kebersamaan Pemerintah Desa Pasenan Kecamatan Suku Tenggah Lakitan (STL) Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Mengadakan kegiatan gotong - royong dengan mengajak masyarakat menebas sepanjang 7 (tujuh) Kilo Meter (KM) tepian jalan masuk Desa.

Kepala Desa (Kades) Desa Pasenan Zaynubi (29/7) mengatakan bahwa dengan adanya intruksi dari Bapak Bupati Kabupaten Mura agar membudayakan sifat dan budaya gotong-royong.

Maka dari itu selaku Kades Desa Pasenan saya mengajak masyarakat adakan kegiatan gotong - royong menebas dan membersihkan tepian jalan masuk kedesa mengunakan parang.

" Mulai dari awal tepian badan jalan masuk kedesa sampai kedalam desa sepanjang 7 KM ," Kata Kades.

Orang nomor satu di Desa Pasenan Zaynubi menerangkan karena sangat susah untuk mengajak masyarakat mengadakan kegiatan gotong royong yang di adakan setahun sekali.

Oleh sebab itu sebelum pelaksanaan kegiatan di mulai saya selaku Kades memerintahkan prangkat desa untuk memukul canang (gong) himbauan.

" Supaya esok hari dapat berkumpul di kediamannya guna mengadakan gotong - royong menebas tepian jalan," terang kades.

Zaynubi menjelaskan setelah masyarakat kumpul semua pada pukul 07:00 wib saya ajak sarapan pagi sebelum melaksanakan rutinitas kegiatan gotong - royong tersebut.

" Syukur Alhamdulillah baru beberapa menit kegiatan gotong - royong turut hadir sala satu kandidat Bakal Calon (Balon) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mura dari Partai Gerindra no urut 1 Muhamat Guntur yang di beritau semalan bahwa kami akan ada kegiatan gotong - royong,"jelas kades.

Balon Anggota DPRD Kabupaten Mura Muhamat Guntur dari Partai Gerindra mengucapkan ribuan terimakasih kepada Kades dan masyarakat Desa Pasenan yang telah Mengajak dalam kegiatan gotong - royong pembersihan jalan masuk desa.

Saya sangat berharap kedepan nanti kebudayaan dan sifat gotong - royong tidak sirna dari masyarakat oleh kemajuan zaman hingga teknologi.

" Sebab untuk mengajak masyarakat melakukan kegiatan gotong - royong itu tidak muda apalagi di zaman sekarang ini ," ucap Guntur.

Sala satu masyarakat Desa Pasenan Andre menutur kami masayarakat sangat bersyukur kegiatan gotong - royong di adakan kembali,apalagi untuk menebas tepian jalan.

Karena askes jalan masuk Desa kami sangat semeraut sekali,jika kendaraan melintas di kwatirkan akan terjadi kecelakaan.

" Kami masyarakat sangat berterimakasih kepada Kades dan sala satu Balon DPRD dapat hadir dalam kegiatan gotong - royong," tuturnya.(zul)
Share:

Postingan Populer