Jumat, 07 September 2018

MTsN 1 Muratara Canangkan Green House


Kepala MTs Negeri 1 Muratara Sri Widayati (baju putih)
(Foto : Istimewa Editor : Andy Afriansyah)
-------------------------------------------------------------------



MURATARA MSM. COM-Didukung dengan halaman dan lingkungan sekolah yang cukup luas, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Muratara yang berlokasi di Desa Lesung Batu Muda Kecamatan Rawas Ulu, mencanangkan program Green House. Hal itu diungkapkan kepala MTs Negeri 1 Muratara, Sri Widayati, Jumat (7/9).

"Di sekolah ini cukup ideal untuk program Green House. Banyak faktor pendukung rencana itu dapat berjalan dengan baik. Diantaranya halaman lingkungan sekolah yang masih luas. Saya optimis program itu dapat berjalan, asalkan semua pihak mendukung" kata Sri Widayati.

Ia menjelaskan, Green House merupakan  bagian dari program Adiwiyata. Adiwiyata sendiri adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, yang diharapkan seluruh warga sekolah turut berpartisipasi didalamnya.

Lingkungan sekolah merupakan wadah belajar dan pembentukan karakter dan perilaku anak untuk mengembangkan berbagai aspek menyangkut pengembangan sikap, pengetahuan maupun keterampilan sebagai bekal peserta didik dalam menghadapi tantangan jaman.

"Lingkungan sekolah yang ideal adalah sekolah yang mampu menciptakan suasana aman, nyaman, rapi, asri dan kondusif yang dapat memperlancar proses Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah" paparnya.

Lebih jauh dijelaskannya, bahwa salah satu upaya menciptakan kenyaman disekolah adalah membangun lingkungan sekolah yang bersih,rapi dan terawat, serta menimbulkan rasa aman, nyaman dan kondusif pada warga sekolah. Pada pelaksanaannya, penting bagi sekolah untuk mengembangkan program pelestarian lingkungan yang diintegrasikan dalam kurikulum dan dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah.

Keberadaan green house di sekolah dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran dan mengajak para siswa untuk mengenali, mencintai dan melestarikan lingkungan. Green house selain memiliki fungsi menghindari terpaan air hujan yang dapat menyebabkan tumbuhan tersebut rusak atau mati, para siswa juga menjadi lebih nyaman dalam mempelajari jenis-jenis tanaman saat berada di dalam ruangan green house .

"Sebagai wujud keseriusan kami tentang rencana Green House, dalam waktu dekat akan segera ditanam pohon untuk penghijauan" pungkasnya. (ZIL)

Share:

Postingan Populer

Arsip Blog