Selasa, 18 Desember 2018

Peringatan Hari Ibu ke-90 Bupati ; Kesetaraan Peran Perempuan dan Laki - Laki Untuk Mewujudkan Pembangunan Yang Berkelanjutan Dan Berkeadilan.



MURATARA MSM.COM - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara, melalui Dinas DPMPD-P3A sukses menggelar peringatan Hari Ibu ke-90. Peringatan hari ibu yang mengusung tema "Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki - laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga untuk Kesejahteraan Bangsa" dilaksanakan di Aula Siti Rahma Kelurahan Muara Rupit Kecamatan Rupit, Rabu (12/12).

Hadir Bupati Muratara HM Syarif Hidayat, Ketua TP PKK Ny.Lia Mustika, Sekretaris Daerah H. Abdullah Makcik, Kepala Dinas PMD Firdaus, Camat, Kapolsek, Koramil, para kepala FKPD dan ibu - ibu PKK Kabupaten Muratara.



Ketua Pelaksana kegiatan, Ny. Rosmiati menyampaikan bahwa sesuai dengan tema peringatan hari ibu. Maka, ia mengingatkan peran wanita dalam bermasyarakat menuju berkeadilan bersama meningkatkan peran perempuan dan laki - laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa.

Sementara itu, Bupati Muratara HM. Syarif Hidayat dalam sambutannya memaparkan tentang Hari Ibu Indonesia lahir dari pergerakan Indonesia. Setiap diselenggarakan peringatan hari ibu Indonesia, dapat dimaksudkan dan diarahkan untuk selalu membangkitkan semangat perjuangan tentang keluhuran dan keagungan peran perempuan sebagai ibu terhadap kehidupan.



"Perayaan hari ibu ditetapkan setiap 22 Desember sebagai bentuk perhatian dan pengakuan begitu pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan serta mendorong perempuan dan masyarakat untuk selalu menghargai hak - haknya sebagai perempuan" papar Bupati.

Tema ini dibangun, dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia tahun 2018 untuk menyeleraskan dengan arah kebijakan pembangunan sebagaimana tercantum dalam RPJMN 2015-2019 serta mewujudkan Nawacita sebagai salah satu agenda nasional.

"Sebagai ibu bangsa, perempuan berperan mewujudkan ketahanan keluarga sebagai pilar membangun negara yang adil dan sejahtara sekaligus menjadi pondasi dalam menerapkannya dalam kehidupan harmonis, damai, dan religius" sambung Bupati.

Dikatakan orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan ini bahwa ibu dalam sebuah keluarga adalah sosok yang dengan tulus dan ikhlas merawat, mengasuh dan mendidik anak - anaknya. Sehingga menjadi orang yang berguna dan mandiri di era modernisasi.

Ibu memiliki tugas bukan hanya mengurus suami dan anak anaknya. Tetapi juga ikut berjuang menopang perekonomian keluarga. Dalam konteks yang demikian itu wanita sebagai salah satu bagian dalam keluarga berposisi sebagai istri pendamping suami atau sebagai ibu dari anak anak yang dilahirkan memiliki peranan yang sangat besar dalam menciptakan ketahanan keluarga.
Bupati menegaskan, tanpa dukungan wanita, kaum laki - laki dalam hal ini suami tidak memiliki kekuatan yang memadai untuk menciptakan keluarga yang sejahtara. Untuk itu, Bupati berharap melalui peringatan Hari Ibu ke-90 ini, dapat mendorong terciptanya kesetaraan peran perempuan dan laki - laki untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Ketua TP PKK, Ny. Lia Mustika menyampaikan ucapan selamat hari ibu seraya berpesan untuk menjadi ibu yang cerdas yang akan tumbuh nantinya anak yang cerdas pula. (MJ).
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog