Selasa, 01 Januari 2019

Festival Bukit Layang Ke-2 Sukses




MURATARA, MSM.COM - Pegelaran festival bukit layang ke-2 tahun 2018, yang di pusatkan di bendungan wisata desa Bukit Ulu, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), sejak Minggu-Rabu (30/12/2018 - 02/01/2019) berjalan sukses.

Kegiatan festival bukit tersebut, dimeriakan dengan berbagai kegiatan lomba dan prosesi budaya adat istiadat pada saat puncak pembukaan Senin (31/12) kemarin oleh Bupati Muratara, H.M Syarif Hidayat.



Dalam pembukaan Festival bukit layang ke-2 dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Muratara, Camat, Kepala Desa Dalam Kecamatan Karang Jaya, tokoh agama, pemuda dan masyarakat umum lainya.

Dimana mulai dari prosesi kedatangan Bupati Muratara beserta rombongan dilokasi Festival disambut antusias masyarakat dengan tradisi palang bambu dan silad.



Tidak hanya itu, sebelum mulainya acara tradisi penyambutan rombongan pejabat pemerintah daerah juga dengan tari anak bukit layang. Dan diiringi kisah sejara masyarakat bukit ulu yang berasal dari zaman Majapahit budayawan warga setempat. Sehingga pembukaan festival bukit layang kental dengan prosesi adat istiadatnya.

Kades Bukit Ulu, Alfian Efendi mengatakan, festival bukit layang untuk melestarikan adat istiadat serta wisata alam yang ada di Desa Bukit Ulu dan umumnya di dalam wilayah Kecamatan Karang Jaya.

"Dengan ini, kami harapkan kelestarian budaya dan sejarah tetap bertahan dikalangan masyarakat dan generasi muda. Serta menjadikan wisata alam desa bukit ulu hingga manca negara," ujarnya.

Sehingga, dalam kegiatan festival bukit layang selain memperkenalkan diatinasi wisata alam desa bukit ulu yang memiliki lebih dari 11 titik air terjun. Juga melestarikan budaya dan berbagai ajang lomba, seperti : lomba Stand PKK Karang Jaya, Motor Teril, Perahu Dayung dan lain sebagainya.

"Sehingga apa yang diharapkan menjadi destinasi wisata nasional dapat terwujud," paparnya.

Sementara itu, Bupati Muratara, H.M Syarif Hidayat mengatakan, bahwa pihaknya menyambut baik dengan adanya festival bukit layang yang diselenggarakan oleh persatuan kepala desa Kecamatan Karang Jaya dan pihak Kecamatan.

Menurut H. M Syarif Hidayat, bahwa dirinya telah meminta agar Dinas Pariwisata Muratara pada tahun ini dapat membantu dalam promosi wisata bukit layang.

"Kami akan membantu dalam promosi wisata bukit layang melalui dinas terkait. Agar dapat dikenal hingga mancanegara," ujar ia.

Namun dirinya menyarankan, agar segera di bangun musolah dan WC umum dengan baik dan menfaatkan air bendungan yang ada.

Selain itu, dirinya juga meminta agar pemerintah desa dan masyarakat dapat mempertahankan adat dan budaya masyarakat desa dan sejarah bukit layang atau kerio agung.(HAMKAM)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog