Rabu, 03 April 2019

LPPAS Kembali Amankan Alat Penyenteruman



MURATARA,MSM.COM- Anggota Lembaga Persatuan Peduli Aliran Sungai (LPPAS), Kabupaten Muratara, dalam beberapa hari terakhir berhasil mengamankan alat sentrum oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab .

Dimana anggota LPPAS, berhasil mengamankan 1 unit ketek, 1 unit mesin ketek dan kabel sentrum ikan.

Ketua LPPAS Kabupaten Muratara, Syamsul mengatakan pada Rabu (26/03) saat pihaknya melakukan patroli di aliran sungai Rawas Dari Rupit hingga Rawas Ilir berhasil menemukan oknum penyentrum ikan yang lagi menyentrum.

Dimana saat itu, pelaku lagi bereaksi melakukan penyentrum ikan di sungai rawas tepatnya masuk wilayah desa Pantai, Kecamatan Rupit.

"Melihat sepetbood tim LPPAS yang lagi patroli pelaku langsung mengangkat mesin sentrum dan membuangnya kedalam sungai. Sementara untuk serok (sanggi) ikan dibawanya lari kedarat," jelas Samsul.

Dilanjutkanya, saat itu masih pukul 10.00 pagi dan pelaku sepertinya baru ingin menyentrum sebab ketek  beserta mesin ketek yang ditinggal lari hanya terdapat beberapa anak ikan dan kembali dilepas.

"Saat ini masyarakat merasakan manfaat akan mudahnya mendapatkan ikan. Baik mancing maupun dengan menyerok dengan jaring saat ikan mudik. Sekitar 2 tahun lalu ikan sulit didapat dan hampir tidak ada ikan mudik. Sekarang banyak," ujar Syamsul.

Untuk itu, dirinya menghimbau pada masyarakat dalam menjaga biota air di sungai Rupit-Rawas untuk secara bersama dan melaporkan secepatnya jika masih ada oknum warga yang melakukan penyentruman ikan.

"Dan kami dari LPPAS akan selalu kometmen menjaga sungai ini demi masyarakat banyak Muratara dan anak cucu kedepan," jelasnya.

Bahkan dirinya juga mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah dan anggota dewan dalam penganggaran operasional anggota LPPAS untuk patroli dapat di anggarkan. "Mengingat kebutuhan ikan untuk masyarakat dan kelestarian bio air di sungai rawas dan rupit," imbuhnya. (Hamkam)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog