08 September 2019

Ditengah Musim Kemarau, Musi Rawas Lakukan Panen Raya



MUSI RAWAS MSM.COM - Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan - Hj Suwarti bersama Kepala Badan Prof Anhar Riza Antarriksawan dan pihak terkait lainnya, melakukan panen raya padi varietes Batan di Desa G1  Mataran Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas, Rabu (4/9)

H Hendra Gunawan menyampaikan, terima kasih kepada semua pihak terutama kepada para petani yang tetap semangat AK5. Sehingga panen raya padi varietes   Batan dapat dilakukan, meskipun ditengah musim kemarau.

Bupati juga menyambut baik, atas kerjasama dengan pihak BATAN. Sebagai salah satu dari tiga daerah pelaksana program ATP, kata Bupati, pemilihan Kabupaten Musi Rawas sebagai pelaksana ATP BATAN ini atas pertimbangan potensi dan keunggulan yang ada di Kabupaten Musi Rawas.


"Dalam rangka mendukung program dan kegiatan ATP tahun 2019. Pemkab Musi Rawas melalui dinas terkait, telah membina petani di Kecamatan Tugumulyo, Sumber Harta dan Kecamatan Muara Beliti" kata Bupati.


Selain itu, telah menyediakan lahan seluas 450 Hektar, yang diperuntukkan penyebaran varietes padi hasil Litbang BATAN pada pertanian terpadu di Musi Rawas. Yang disebarkan antara lain, varietes padi kahayang dan mustajab.

Diharapkan, kedepan semakin banyak hasil kaian BATAN melalui program ATP, untuk menciptakan varietes padi yang memiliki kualitas dan keunggulan untuk para petani di Kabupaten Musi Rawas. Sehingga produktivitas padi petani semakin meningkat.

"Peningkatan produksi  akan berdampak pada peningkatan perekonomian petani dan juga akan memberikan sumbangsih dalam menjaga ketahanan pangan di Musi Rawas, Sumsel hingga nasional ," ujar Bupati.

Kepala BATAN, Prof Anhar Riza Antariksawan berjanji, program ATP akan terus dilanjutkan, dengan harapan setiap melakukan penelitian, dilakukan secara bersama. Sebab dia melihat, ATP BATAN di Kabupaten Musi Rawas, dinilai cukup baik oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

"Dalam menghadapi perubahan iklim yang ekstrim seperti saat ini. BATAN akan terus melakukan penelitian dan pengembangan. Sehingga nantinya dapat hasil yang tahap terhadap cuaca" tukasnya. (LEO)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog