23 September 2019

Kabut Asap Muratara Berbahaya Bagi Kesehatan




MURATARA MSM.COM-Hasil Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Propinsi Sumatera terhadap kabut asap yang ada di Kabupaten Musi Rawas Utara menyatakan berbahaya.

Sementara menurut BTKL PP propinsi, jika kabut asap masih dibawah 100, maka dinyatakan tidak berbahaya, namun hasil riset yang dilakukan BTKL  kabut asap di Muratara menunjukan indeks pencemaran standar udara(IPSU) mencapai 153. Artinya asap di Muratara berbahaya bagi kesehatan masyarakat terutama pada anak anak.

Kepala Dinas Kesehatan, Marlinda Sari mengatakan berdasarkan hasil tim BTKL PP dibantu Dinkes menyatakan kabut asap di Muratara mencapai ISPU 153, dan masuk kategori berbahaya bagi kesehatan. Berkenaan dengan itu pihaknya akan membuat surat rekomendasi kepada Bupadi Muratara.

"Hari ini kami akan membuat rekomendasi hasil riset kabut asap kepada Bupati Muratara,"kata Marlinda melalui telepon, Senin (23/9)

Lebih lanjut pihaknya menyerahkan kepada Bupati disertai tembusan kepada pihak yang mempunyai kepentingan seperti Dinas Pendidikan, BPBD dan lainnya.

Ia mengatakan, para ibu hamil dan anak anak untuk tidak terlalu banyak aktivitas diluar rumah. Dikwatirkan sangat berbahaya bagi kesehatan

"Kembali saya mengajak untuk ibu hamil, anak anak, serta masyarakat umum tidak terlalu banyak aktivitas di umum,"ajaknya

Tidak hanya itu, lanjutnya sembari beraktivitas usahakan membawakan air minum. Perbanyak minum air putih serta menggunakan masker.(Hengki)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog