Saturday, October 12, 2019

Pentingnya Masalah Kearsipan. Dispusip Muratara Gelar Bimtek




MURATARA MSM.COM - Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Muratara, tentang pembinaan dan pengawasan kearsipan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Muratara.


Menindaklanjuti SK tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Dinas Perhubungan (Dishub), Jum'at (11/10).


Kepala Dispusip, Herawati melalui Kabid Penyelenggara Kearsipan, Muhamad Hadi menjelaskan, Bimtek yang diadakan pihaknya di Dishub berdasarkan perintah Bupati Muratara yang tertuang dalam SK yang mewajibkan setiap OPD dilakukan pembinaan kearsipan.


"Mengingat kearsipan ini sangat penting. Pembinaannya juga terdiri dari beberapa tahap diantaranya pembinaan dan monitor. Hasilnya seperti hari ini" kata Muhamad Hadi.


Dia menambahkan, hal serupa juga akan dilakukan Dispusip di setiap OPD di lingkungan Pemkab Muratara. Hal itu untuk monitor dan evaluasi, sejauh mana kinerja dan progres dari masing - masing OPD terkait masalah kearsipan.


Pembinaan dan audit akan dilakukan oleh tim. Dimana salah satu timnya adalah Inspektorat. Ia mengingatkan, akan ada sanksi hukum, bila OPD tidak menjalankan kearsipan.  Hasil audit nantinya akan dilaporkan ke KPK.


"Setiap OPD nantinya akan kami beri pembinaan tentang kearsipan ini. Dari kriteria itu, mungkin hasilnya kurang bagus atau tidak diarsipkan. Nah, berarti ini temuan" terangnya.


Kepala Dishub Muratara, Azhar melalui Sekretaris Sarjono, menyampaikan rasa terima kasinya dengan adanya pembinaan kearsipan ini. Dengan pembinaan ini, masalah kearsipan ini lebih mereka pahami. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive