Friday, November 8, 2019

Punya Bakat Dibidang Kesenian? Ini Kabar Gembira Dari Disbudpar Muratara



MURATARA MSM.COM-Potensi bidang tarik suara, di Bumi Beselang Serundingan cukup besar, terutama lagu - lagu daerah. Untuk menggali potensi yang ada, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabuapten Muratara, bakal menggelar lomba lagu daerah dan gitar tunggal.


Kabid Pengembangan Kebudayaan dan Kesenian, Hosia diruang kerjanya, Jum'at (8/11) menyampaikan, lomba lagu daerah dan gitar tunggal akan digelar pada bulan November 2019 ini.


Menurutnya, selain untuk menghasilkan bibit berbakat di bidang kesenian. Pihak juga akan mematenkan lagu daerah dan  pemain gitar tunggal.

"Lomba nanti juga bertujuan untuk menggali bakat dan minat masyarakat Kabupaten Muratara sebagai pecinta lagu daerah Kabupaten sendiri," ujarnya. Ia menyebut, pendaftaran telah dibuka sejak 4 - 8 November dan tahap seleksi pada 18 - 20 November 2019 mendatang.


Karena sesuatu dan lain hal maka pelaksanaannya kita mundurkan, pendaftarannya tetap dari tanggal 4 November tapi batas akhir pendaftarannya kita undur menjadi tanggal 14 November 2019. Sedangkan seleksinya pada tanggal 18-20 november 2919. Grand finalnya nanti pada saat Festival Danau Rayo,Ujarnya.


Lamba lagu disajikan dua lagu, pertama lagu wajib dan ada lomba lagu pilihan. Untuk lagu wajibnya yaitu berjudul Beselang Serundingan, sedangkan untuk lagu pilihannya ada 4 judul lagu yaitu tujuh lidi, Muratara Bangkit, Muratara Bebenah, dan Ke Muratara. Kemudian untuk lomba gitar tunggalnya harus menggunakan tembang derah ciptaan sendiri.

Pemenang lagu daerah serta gitar tunggal, direncanakan kita patenkan pada tahun 2020,Ujarnya

Ia mengajak kepada warga Muratara untuk ikut dalam pelombaan tersebut. Tidak ada biaya bagi pendaftar, semua diberikan secara gratis.

"Untuk tempat seleksi diwacanakan di Kantor Disbudpar. Setelah lulus seleksi peserta akan di pusatkan lomba di Danau Rayo," tukasnya. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive