Saturday, April 4, 2020

Cegah Penyebaran Covid-19. Terhitung 1 April, Pelayanan Akad Nikah Dihentikan Sementara

Foto  :Net


MURATARA MSM.COM - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Muratara, mengeluarkan kebijakan, meniadakan pendaftaran nikah, terhitung 1 April 2020, hingga batas waktu yang belum ditentukan.


Kebijakan itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kemenag RI tertanggal 2 April 2020. Hal itu diungkapkan, Kepala Kemenag Muratara, H Ikhsan Baijuri, Jum'at (3/4).


"Berdasarkan SE tersebut, maka kita mengambil kebijakan untuk meniadakan sementara waktu pendaftaran nikah. Otomatis, akad nikah di KUA juga ditiadakan" kata H Ikhsan Baijuri.


Kendati demikian, ia menyebut, bagi yang sudah melakukan pendaftaran sebelum bulan April ini. Pelaksanaan akad nikah masih bisa dilaksanakan. Hanya saja tempat pelaksanan akad nikah harus di kantor KUA.


"Kalau sebelumnya akad nikah masih boleh dilaksanakan diluar KUA. Nah, mulai April ini untuk sementara waktu harus di kantor KUA. Dengan tetap mengacu pada protokol yakni, dibatasi tidak boleh lebih dari 10 orang" jelasnya.


Dia mengatakan, peniadaan itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Kedepan, tentu akan melihat bagaimana perkembangan selanjutnya. bila memang sudah mereda dan memungkinkan, proess pelayanan nikah kembali dilakukan dan berjalan seperti semula.


"Ketentuan ini hanya bersifat sementara waktu, sebagai antisipasi dalam mencegahan virus Covid-19, agar tidak makin meluas. Kami mengharap, masyarakat memahami dan memaklumi kondisi ini. Pemerintah akan terus berusaha mengambil kebijakan terbaik bagi kepentingan masyarakat banyak" ujarnya.


Pandemi virus Covid-19, sambungnya, memberikan dampak yang sangat signifikan dalam proses pelayanan terhadap masyarakat, termasuk pelayanan nikah dan haji. Namun demikian, ditengah keterbatasan tersebut, pemerintah berusaha seoptimal mungkin memberikan pelayanan yang terbaik. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive