Thursday, April 30, 2020

Tingkatkan DBH Provinsi ke Kabupaten Muratara. Dispenda Data Kendaraan Bermotor Luar Daerah



MURATARA MSM.COM - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Muratara mendata seluruh kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat luar daerah yang beroperasi di wilayah Kabupaten Muratara.

Pendataan itu dilakukan guna meningkatkan Dana Bagi Hasil (DBH) dari provinsi Sumatera Selatan ke Kabupaten Muratara. Menindaklanjuti surat Kepala UPTB Pengelolaan Pendapatan Daerah wilayah Muratara Bapenda provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Bapenda Kabupaten Muratara, Efendi Aziz mengatakan, pendataan itu  dilakukan untuk melihat potensi kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil yang ada di Kabupaten Muratara yang berasal dari luar daerah, namun beroperasi di wilayah Bumi Beselang Serundingan.

Menurutnya, potensi pajak dari kendaraan bermotor cukup besar. Tahun ini saja, DBH provinsi Sumatera Selatan ditargetkan sebesar Rp. 50, 6 Milyar. Dengan target yang cukup besar, menjadikan sektor pajak kendaraan bermotor perlu didata untuk meningkatkan DBH dari provinsi ke Kabupaten Muratara.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Bapenda Sumsel, bagaimana meningkatkan DBH tentunya dengan Database yang akurat kendaraan roda dua dan roda empat yang ada di Kabupaten Muratara" terangnya, Kamis (30/4).

Dia mengatakan, dari pendataan yang dilakukan, selanjutnya pihak Samsat provinsi Sumsel akan memverifikasi. Hasil verifikasi akan dijadikan bahan dalam pembagian DBH dari provinsi ke kabupaten Muratara. (MJ)







Share:

Postingan Populer

Blog Archive