25 Januari 2021

Dinsos Muratara Gelar Sosialisasi Pendataan PPKS

 



MURATARA MSM.COM -Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muratara mennggelar sosialisasi pendataan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). 


Dimana pesertanya merupakan 89 anggota Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) terdiri dari Desa dan Kelurahan serta 7 koordinator setiap Kecamatan.


Kadinsos H Zainal Arifin Daud melalui Kasih Penanganan Pakir Miskin Sasuka mengatakan sosialisasi PPKS untuk memberikan pemahaman dan pembekalan terhadap 89 anggota PSM Desa dan Kelurahan serta 7 koordinator disetiap Kecamatan.


Lanjutnya tujuan dari sosialisasi ini, untuk yang didata memang benar benar berhak untuk mendapatkan bantuan dan jangan sampai nantinya yang didata itu merupakan keluarga anggota PSM.


"Kita tidak mau nantinya bantuan atau penerima bantuan kurang tepat sesaran, dan harus benar benar orang yang berhak menerima sesuai dengan kriteria,"ungkapnya, kemarin.


Dijelaskannya diMuratara sendiri ada 26 PPKS permasalahan sosial yang harus diselesaikan. Disini sebagai rekan kerja atau perpanjangan dari Dinsos yaitu anggota PSM ini lah akan melakukan pendataan disetiap Desa dan Kelurahan.


Masih kata Sasuka dari jumlah tersebut salah satunya Lanjut Usia (Lansia) yang terlantar. "Jadi tugas dari PSM ini lah yang melakukan pendataan dan diserahkan kepada pihaknya dengan tujuan agar bisa mendapatkan bantuan, sehingga permasalahan sosial di Muratara bisa mengalami penurunan,"jelasnya.


Dikatakannya dari hasil pendataan anggota PSM terlebih dahulu akan dilakukan verifikasi data, agar yang menerima bantuan orang yang benar benar berhak.


"Memang anggota PSM memiliki peran penting dalam pendataan, akan tetapi setelah diverifikasi ternyata tidak memenuhi kriteria maka tidak mendapat bantuan. Karena kita tidak ingin nanti ada permasalahan dibawak apabilah ada penerima tidak sesuai dengan kriteria yang ada,"katanya.


Ia juga mengingatkan kepada seluruh anggota PSM Desa dan Kelurahan serta koordinator Kecamatan agar bisa bekerja secara profesional dan ilmu yang didapat harus diterapkan dilapangan.


"Harus bekerja secara profesional dan jangan sampai mengedepankan keluarga. Sedangkan orang yang berhak menerim lalu dibelakangi,"ingatnya.(MJ)

Share:

Postingan Populer

Arsip Blog