27 Maret 2021

DPMD-P3A Targetkan Muratara KLA Madya

 




MURATARA MSM.COM – Tahun ini, Pemkab Muratara melalui DPMD-P3A menargetkan Muratara menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) Madya. Target ini dipatok, karena sebelumnya sudah mendapatkan predikat KLA Pratama.

 

Guna mewujudkan target itu, Jumat (26/3) dilakukan rapat koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (GT-KLA) tingkat Kabupaten Muratara tahun 2021. Rakor bertujuan untuk sinergisitas dalam mewujudkan KLA Madya.

 

Rakor dilaksanakan di off room Pemkab Muratara dan  dibuka oleh Sekda Alwi Roham. Dihadiri Ketua TP PKK Muratara sekaligus anggota Dewan Provinsi, Kadis DPMD-P3A, Kepala Dinas dan GT-KLA.

 

Ketua TP PKK, Hj Rita Suryani dalam kesempatan itu mendoakan terwujudnya Kabupaten Muratara menjadi KLA Madya. Dia meminta Dinas Kominfo untuk bekerja sama dalam memajukan KLA.

 

"Mengingat Dinas Kominfo itu adalah claster utama dalam proses sumber informasi yang di dapatkan oleh anak khususnya di bidang teknologi". tegasnya.

  


Menurut istri orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan, untuk menunjang kecerdasan pada anak. Para Camat dan Lurah, disarankan untuk membuat taman bermain khusus untuk anak – anak.

 

"Untuk menuju KLA Madya, kalau bisa seluruh instansi terkait di harapkan bisa proaktif . Kalau bisa juga disetiap rapat terkait masalah KLA dimohon untuk hadir,"harapnya.

 

Bupati Muratara H Devi Suhartoni melalui Sekda Alwi Roham mengatakan, kalau berbicara masalah hak anak. Tentu tak lepas dari pengawasan dari orang tua.

 

Sebab, kecerdasan anak tergangung dari Pendidikan yang diberikan oleh orang tua dan sejauh mana perhatian orang tua terhadap anak. Dia mengingatkan, anak adalah aset atau lumbung emas bagi keluarga dan negara.

 

"Maka dari itu kita perlu mempersiapkan segala keperluan untuk menyambut dan menumbuh kembangkan dari pada anak itu sendiri , mulai dari pendidikan moralnya sampai anak itu bisa lepas dari tanggung jawab kita sebagai orang tua,"jelasnya.

 

Sedangkan Sekretaris Kabupaten Layak Anak (KLA) kabupaten Muratara Hj Gusti Rohmani, mengatakan kabupaten layak anak inikan adalah program dari pemerintah pusat untuk bisa memberikan Hak pada anak.

 

Seluruh anak di Indonesia itu punya hak nya masing-masing, baik dari pendidikan, kebebasan, kesehatan maupun tumbuh kembang pada anak. Dengan adanya Program KLA ini seluruh kebutuhan hak pada anak itu sendiri bisa terpenuhi.

 

"Apa-apa saja hak pada anak sala satu nya tidak boleh lagi yang namanya kekerasan terhadap anak,"pungkasnya. (MJ)


Share: