14 Oktober 2021

Gelar MusrenbangDes. Desa Lawang Agung Hasilkan 2 Usul Pembangunan Skala Prioritas

 



MURATARA MSM.COM – Ada dua pembangunan skala prioritas yang akan diusulkan pemerintah Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara ke Musrenbang tingkat kecamatan untuk tahun anggaran 2022 mendatang. 


Kedua usulan skala prioritas tersebut adalah pembangunan tiang listrik ke dusun baru dalam wilayah Desa Lawang Agung, dan pembangunan talud penahan tebing di Dusun 3. 


Usulan itu dihasilkan, dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) yang digelar pemerintah Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Rabu (13/10) kemarin.


MusrenbangDes Desa Lawang Agung, dihadiri Camat Rupit, Koramil, Polsek serta berbagai unsur. Mulai Dari perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta tokoh masyarakat Desa Lawang Agung.


Kepala Desa Lawang Agung Kaharudin AZ mengatakan, kedua usulan pembangunan tersebut memang menjadi usulan skala prioritas Desa Lawang Agung untuk pembangunan anggaran tahun 2022.


“Tahun anggaran 2022 mendatang. Kita prioritaskan pembangunan dua itu saja. Sebenarnya, tadi ada beberapa permintaan dari masyarakat. Mulai dari jalan setapak dan usulan lainnya” ujar Kaharudin. 


Usulan dari masyarakat itu tetap ditampung. Namun, Dia mengatakan usulan – usulan selain dua usulan tersebut, dirasa belum terlalu mendesak. Sehingga, setelah melalui berbagai pertimbangan. Disepakati untuk 2022, pembangunan tiang listrik baru dan talud menjadi usulan skala prioritas.


Dia merinci, untuk pembangunan talud penahan tebing yang berada di Dusun 3 Desa Lawang Agung. Rencananya, akan dibangun mulai dari bawah jembatan lama. Hingga membentang sampai ke jembatan baru.


“Menurut kami, yang lebih penting itu menyelamatkan kepentingan masyarakat banyak. Mengingat tebing – tebing di Daerah Aliran Sungai (DAS) kian habis tergerus air sungai Rawas” ujarnya.


Dia menambahkan, untuk pembangunan lainnya, akan difokuskan pada tahun anggaran 2023 mendatang. (MJ)

Share: