-->

IKLAN

IKLAN

Sempat Berkelahi Dengan Petugas Pelaku Penyentruman Ikan Ditangkap

mediasinarmuratara
31 Mei 2021, 19:06 WIB Last Updated 2021-05-31T12:06:20Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



MURATARA MSM.COM-Satu dari dua pelaku penyentruman ikan di sungai Rawas Desa Surulangun, yakni Zul (32) warga Desa Surulangun Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara berhasil diamankan. 


Pelaku diamankan setelah berkelahi dengan petugas saat hendak ditangkap, Jumat (28/5/2021) sekitar pukul 01.00 WIB. Penangkapan pelaku sesuai dengan LP/A- 29     /V/2021/Sumsel/Muratara, tanggal 28 Mei  2021. Pelaku melanggar Pasal 84 ayat (1) Undang – undang RI Nomor 31 Tahun 2004 Jo Pasal 100 B Undang-Undang RI Nomor 45 tahun 2009 Tentang Perikanan.


Penangkapan tersebut bermula dari pelapor Reka Ketua anggota LPPAS (Lembaga Persatuan Peduli Aliran Sungai) Musi Rawas Utara di bagian lapangan melakukan patroli di sekitar sungai Rawas Desa Surulangun Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara.


Kemudian pelapor melihat satu unit perahu sedang berada di tepi sungai. Lalu pelapor bersama anggota lainnya menghampiri perahu tersebut. Setelah mereka mengahampiri perahu tersebut terdapat dua orang berada di tepi sungai. Pelapor melihat banyak ikan berada di dalam perahu tersebut. 


Lantas pelapor  menanyakan ikan tersebut dari mana. Dan pelapor melihat di dalam perahu tersebut terdapat alat setrum. Kemudian pelapor  berkata kepada mereka ikan tersebut hasil setruman. Namun pelaku tidak memberi jawaban, setelah pelapor menanyakan hal tersebut kepada mereka.


Satu orang pelaku dari mereka langsung melarikan diri dengan cara melompat ke sungai dan berhanyut berenang ke tepi sungai di seberang. Pelapor dan anggota melihat pelaku hendak  melarikan diri.  Pelapor  langsung memegang tangan pelaku yang di duga melakukan penangkapan ikan menggunakan setrum.


Pelaku sempat melawan dan berusaha melarikan diri, kemudian pelapor  sempat berkelahi dengan pelaku. Lalu pelaku berhasil diamankan anggota LPPAS beserta barang bukti dan di bawa ke Polres Muratara untuk di proses secara hukum yang berlaku.


Kapolres Muratara, AKBP Eko Sumaryanto, S.Ik melalui Kasat Reskrim, AKP Dedi Rahmad Hidayat dalam press releasenya membenarkan bahwa pelaku penyentruman ikan ditangkap. "Benar pelaku penyentruman ikan sudah diamankan,"pungkasnya.



Barang Bukti yang berhasil diamankan satu unit perahu kayu berwarna kuning beserta mesin, satu unit genset listrik ,satu buah jaring bergagang kayu sepanjang +/- 3 meter untuk menyetrum ikan. Kemudian ikan hasil sentruman dan satu unit angkong berwarna merah. (MJ)

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA