-->

IKLAN

IKLAN

Disdik Muratara Gelar Bimtek LBB Perencanaan Berbasis Data Bagi Satuan PAUD

mediasinarmuratara
03 Oktober 2022, 21:22 WIB Last Updated 2022-10-03T14:22:48Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Bimbingan Teknis Linkungan Belajar Berkualitas (LBB) Perencanaan Berbasis Data Bagi Satuan PAUD di aula SMPN 1 Rupit


 

MURATARA MSM.COM – Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Lingkungan Belajar Berkualitas (LBB) Perencanaan Berbasis Data Bagi Satuan PAUD, di aula SMPN 1 Rupit, Senin (3/10/2022).

 

Bimtek yang digelar atas kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI tersebut, dihadiri kepala Dinas Pendidikan Zazili, melalui Kabid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Yanti Fadillah, S.Sos.


BACA JUGA : 

Kabar Baik Untuk Honorer K-2, Untuk Persiapan Seleksi PPPK Disdik Sosialisasi Pembuatan Akun Panselda

 

Dalam sambutannya, Kepala Disdik Zazili melalui Kabid PAUD Yanti Fadillah mengingatkan, anak usia 0-8 tahun merupakan usia yang sangat penting bagi pembentukan fondasi berbagai kemampuan dasar, seperti motorik, kognitif dan sosial emosional.

 

“Artinya, PAUD harus mampu memfasilitasi proses pembentukan fondasi tersebut, dan dilanjutkan di jenjang SD. PAUD adalah pijakan pertama anak di dunia pendidikan” ujarnya.


Foto bersama Bimbingan Teknis Linkungan Belajar Berkualitas (LBB) Perencanaan Berbasis Data Bagi Satuan PAUD di aula SMPN 1 Rupit


 

Selain pijakan pertama, kata Fadillah, pengalaman anak di PAUD sangatlah penting. Kualitas Layanan PAUD yang diterima anak juga menentukan apakah pengalaman tersebut berhasil mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

 

“PAUD berkualitas, menjadi visi yang dapat memandu setiap satuan PAUD, untuk selalu melakukan transformasi perbaikan untuk meningkatkan layanannya” kata Fadillah.

 

“Artinya, PAUD harus mampu memfasilitasi proses pembentukan fondasi tersebut, dan dilanjutkan di jenjang SD. PAUD adalah pijakan pertama anak di dunia pendidikan” ujarnya.

 

Satuan PAUD yang berkualitas memiliki lingkungan belajar yang aman, inklusif, partisipatif, dan utamanya mampu memfasilitasi anak agar berkembang dengan utuh. PAUD berkualitas ditentukan dari kualitas layanannya, bukan dari  kondisi sarana prasarana dan kelengkapan fasilitasnya.


Peserta Bimbingan Teknis Linkungan Belajar Berkualitas (LBB) Perencanaan Berbasis Data Bagi Satuan PAUD di aula SMPN 1 Rupit


 

Dikatakannya, PAUD yang berkualitas, mempunyai empat elemen. Keempat elemen itu adalah memiliki kualitas proses pembelajaran yang baik, bermitra dengan orang tua, memiliki tata kelola yang baik serta memantau dan mendukung terpenuhnya kebutuhan esensial anak.

 

Pencapaian layanan PAUD berkualitas sangat didukung oleh lingkungan belajar yang berpusat pada anak dengan menggunakan pendekatan bermain, inklusif, adanya keterlibatan orang tua dan masyarakat, penggunaan sumber daya lingkungan sekitar, interaksi pendidik dan anak yang erat dan konstruktif serta adanya upaya peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

 

“Dengan adanya Bimtek Lingkungan Belajar Berkualitas ini di harapkan kepada para peserta untuk dapat mewujudkan Lingkungan Belajar Berkualitas di satuan PAUD di Kecamatan Masing-masing.Khususnya Kabupaten Musi Rawas Utara” ujarnya.

 

Sehingga, tujuan untuk mewujudkan anak yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia dapat tercapai.

 

Laporan : A.Majid

 

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA