-->

IKLAN

IKLAN

Muratara Mulai Masuki Musim Hujan, BPBD Imbau Masyarakat Tetap Waspada

mediasinarmuratara
05 Oktober 2022, 08:39 WIB Last Updated 2022-10-05T03:01:21Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas Utara Zainal  Arifin ditemui diruang kerjanya


 

MURATARA MSM.COM – Intensitas hujan sedang hingga lebat, yang turun di wilayah Kabupaten Muratara dalam beberapa hari terakhir, menandai peralihan musim. Dari musim kemarau memasuki musim hujan.

 

Berbagai potensi bencana, bisa saja terjadi. Mengantisipasi adanya potensi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muratara, mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap berbagai potensi bencana jelang masuknya musim hujan tahun ini.

 

Hal itu dikatakan Kepala BPBD Muratara Zainal Arifin, ketika ditemui diruang kerjanya, Selasa (4/10/2022), menyiapi terjadinya perubahan cuaca yang tidak menentu. Terutama di wilayah Bumi Beselang Serundingan.

 

“Masyarakat harus lebih waspada, terutama yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS). Pasalnya, cuaca yang tadinya panas, bisa tiba – tiba menjadi gelap, dan terjadi hujan deras. Bahkan, cuaca ekstrem” jelasnya.


BACA JUGA : 

Disdik Muratara Gelar Bimtek LBB Perencanaan Berbasis Data Bagi Satuan PAUD

 

Dia menambahkan, saat terjadi hujan deras. Maka muncul potensi angin kencang puting beliung. Di tahun 2022 ini saja, angin putting beliung pernah terjadi di beberapa desa.

 

Sebagai antisipasi, sekali lagi Dirinya mengingatkan masyarakat, harus lebih berhati – hati. Apalagi saat berkendaraan di jalan. Dia mengingatkan, untuk menghindari berteduh dibawah pohon besar.

 

“Tidak kalah penting juga, jika disekitar rumah ada pohon besar dan tinggi, sebaiknya ditebang. Lantaran, bila angin kencang bisa roboh dan mengakibatkan kerugian bagi masyarakat itu sendiri” ujarnya.

 

Dia mengungkapkan, musim hujan ini biasanya diiringi dengan banjir. Berdasarkan pengalaman, ada tiga kecamatan yang dilanda banjir hingga berhari – hari. Bahkan pernah berminggu – minggu.

 

Tiga kecamatan itu adalah kecamatan Rupit, Karang Dapo dan Kecamatan Rawas Ilir. Sementara, untuk kecamatan Rawas Ulu dan Karang Jaya juga mengalami banjir. Namun, tidak sampai berhari – hari.

 

 “Kami berharap, masyarakat yang tinggal di DAS tetap waspada. Kami dari BPBD Muratara, melalui  Tim Reaksi Cepat (TRC) selalu memantau” kata Zainal Arifin.

 

 Laporan : A.Majid

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA