Saturday, August 4, 2018

Harga Rp 350 Ribu/Kg, Dianjurkan Tanam Serai Merah



MUSI RAWAS,SM - Selama ini masyarakat di Kabupaten Musi Rawas (Mura) Provinsi Sumatera Selatan (Sum-Sel) memanfaatkan lahan tidurnya untuk menanam pohon karet dan kelapa sawit.

Dengan biaya yang cukup besar hingga mengeluarkan tenaga sampai yang lain sebangainya ,untuk bercocok tanam.

Namun hasil yang di dapat oleh para petani terkadang tidak memuaskan karena kebutuhan sehari-hari terus meningkat.

Oleh sebab itu sala satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi 4 (Empat) dari Partai Gerindra Edi Prabowo (4/8) menganjurkan masyarakat di Kabupaten Mura supaya menanam serai merah.

" Karena untuk kebutuhan pokok dunia sekarang ini jenis ta na man serai merah masih kura ng," kata Edi.

Di jelaskan Edi Prabowo dari zaman dahulu sampai sekarang masyarakat pokus untuk menanam karet dan sawit,namun hasil yang di dapat terkadang tidak memuaskan.

Akibat semakin melonjaknya kebutuhan bahan pokok untuk kehidupan sehari-hari.

" Na sewaktu di jalan tadi saya mampir ke sala satu perkebunan masyarakat di kota lubuk linggau ,kebun miliknya tersebut di tanamami serai merah," jelasnya.

Edi Prabowo menambahkan,untuk membuat kebun sawit dan keret masyarakat memerlukan biaya yang cukup besar dan memakan waktu yang lama baru menghasilkan.

Sedangkan bila di ganti dengan tanaman serai merah tidak begitu lama dan menelan biaya yang cukup besar.

" Soalnya tanaman ini tidak ada hamanya,dan perawatan pun mudah,"tambah Edi.

Maka dari itu saya memintah Kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mura dapat memastikan dengan betul tentang kebutuhan serai merah ini.

Apabilah harga satu Kilo Gram (KG) minyak serai merah itu sudah seharga Rp 350.000 (Tiga Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah ) per Kgnya.

Sementara sewaktu itu harga minyak serai merah ini masih Rp 80.000 (Delapan Puluh Ribu Rupiah) saja perkg,soalnya satu hektar bisa tembus 140 Kg minyak serai merah.

" Jika hal ini kita ubah dari sekarang insyah allah perubahan ekonomi masyarakat cepat Meningkat," Pintak Edi.

Namun setelah lahan bakal lokasi tanaman kebun serai merah ada dan masih terkendala dengan angaran.

" Saya selaku anggota DPR RI komisi 4 siap mendorong kalau lokasi kebun serai merah memang telah siap dan sesuai dengan kebutuhan," himbaunya.(Zul)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive