Minggu, 30 September 2018

Program Tahfiz Qur'an Siswa MTsN 1 Muratara Wajib Setoran Hafalan


Kegiatan Setoran hafalan Qur'an
-------------------------------------------------------------------



MURATARA MSM. COM-Program Al Islamiyah di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Muratara terus berjalan. Salah satu yang termasuk dalam program tersebut adalah hafalan Al-Qur'an atau tahfiz Qur'an. Setoran hafalan harian merupakan kegiatan rutin dan wajib diikuti para siswa.

Kepala MTsN 1 Muratara Sri Widayati melalui Teguh Sukron, S. Ag mengatakan, sejak berjalannya program tahfiz Qur'an. Para siswa semakin terpacu untuk menghafal Qur'an, kemudian menyetorkan hafalan mereka setiap harinya.

Ia mengatakan, sistem setoran hafalan ayat Qur'an cukup efektif diterapkan. Terbukti, dengan semakin giatnya para siswa menghafal, apalagi saat setoran hafalan para siswa begitu semangat menyetorkan hafalan mereka.

"Buku diary sebagai pencatatan jadwal serta nama Surat yang dihafal selalu di kantongi saat menyetor hafalan. Tujuan di adakan kegiatan seperti ini supaya para siswa lebih mengerti  tentang isi dan makna yang terkandug dalam Alquran" jelasnya.

Lebih jauh ia mengharapkan, salat lima waktu yang wajib dijalankan oleh para siswa semakin khusyuk. Lantaran mereka sudah hafal ayat ayat pendek. Bukan itu saja, dengan hafalan yang ada,  para siswa memiliki banyak pilihan ayat untuk dibaca saat salat lima waktu.

"Sebagai umat Muslim, kita semua harus mengerti Alquran dan hadis. Karena sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan. Apalagi kalau mereka dapat menghafal semua ayat ayat Alquran dan hadis. Itu yang sangat Kami harapkan pada anak anak di MTs Negeri 1 Muratara ini" kata Teguh Sukron.

Innama Lesti, siswi kelas VII MTsN 1 Muratara menuturkan, ia dan teman teman yang lainnya merasa beruntung dengan adanya program tahfiz Qur'an. Dengan adanya program ini, hafalan ayat ayat Qurannya semakin meningkat dari hari ke hari.

"Biasanya saya menghafal setelah tugas sekolah selesai. Waktunya sehabis salat Isya dan Subuh" tuturnya. (ZIL)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog